Lain-lainPelayanan

Akhir Pekan Bersama Bea Cukai di CFD Simpang Lima Semarang

Semarang (24/02) – Banyak cara yang dilakukan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan diantaranya berkumpul bersama keluarga, travelling ke berbagai tempat, dan bisa juga menikmati suasana kota dengan datang ke kegiatan Car Free Day (CFD). Inilah yang dilakukan Bea Cukai Jateng DIY bersama Bea Cukai Tanjung Emas dan Bea Cukai Semarang yang hadir menyapa masyarakat Kota Semarang di CFD Jalan Pahlawan Kawasan Simpang Lima Kota Semarang dengan acara yang bertajuk “Customs On The Street” pada Minggu, 23 Februari 2020.

Menyuguhkan berbagai rangkaian acara yang menarik untuk masyarakat Kota Semarang yang hadir di area CFD, Bea Cukai mengawali kegiatan dengan melaksanakan senam Zumba untuk membakar semangat para pengunjung dipagi hari.

Ada juga talkshow menarik bertema “Mengenal Bea Cukai Lebih Dekat” yang disiarkan langsung oleh Radio Sonora 98.9 FM Semarang. 3 (tiga) hal utama yang dibahas dalam talkshow diantaranya tugas pokok dan fungsi Bea Cukai secara umum, barang kiriman dan barang bawaan penumpang serta Barang Kena Cukai (BKC) ilegal yang disampaikan oleh beberapa narasumber yaitu Moch. Arif Setijo Noegroho, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Anton Martin Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Cahya Nugraha, Kepala Seksi Peizinan dan Fasilitas I Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan Muamar Kadafi, Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai VII Bea Cukai Tanjung Emas.

Selain tanya jawab di acara talkshow, Bea Cukai juga menyediakan booth layanan informasi yang melayani konsultasi baik terkait Kepabeanan dan Cukai maupun hal-hal lain seperti proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Keuangan, sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dan lain sebagainya. Keseruan tidak habis disitu, pengunjung juga dihibur dengan penampilan band dari Bea Cukai dan juga Unit K-9 atau Anjing Pelacak yang memberikan simulasi pemeriksaan barang bawaan penumpang dan pemeriksaan barang di cargo internasional.

Antusias terlihat ketika arena booth Bea Cukai ramai dikunjungi oleh para pengunjung CFD Simpang Lima Kota Semarang. Nurhaeni Hidayah, Kepala Seksi Penyuluhan dan layanan Informasi Bea Cukai Semarang selaku Ketua Panitia menyampaikan bawa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan institusi kepada masyarakat luas, “tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu kami ingin memberikan gambaran umum dan pengetahuan kepada masyarakat luas khususnya warga Kota Semarang tentang tugas pokok dan fungsi dari Bea Cukai”, jelasnya.

Comment here