Lain-lainPengawasan

BNNP Jateng Bersama Bea Cukai berhasil Gagalkan Penyelundupan 150 Gr Narkotika Jenis Sabu

Semarang (27/02) – BNNP Jateng bersama Bea Cukai Kanwil Jateng DIY dan Bea Cukai Tanjung Emas berhasil menggagalkan penyelundupan 150 gram kristal putih yang diduga sebagai narkotika jenis sabu yang disimpan di dalam dubur/anus seorang penumpang berinisial B pada Minggu, 16 Februari 2020. Penumpang ini datang dari Bandara Hang nadim Batam dan mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Demikian informasi dalam Konferensi Pers yang diadakan BNNP Jawa Tengah di kantor BNNP Jateng pada hari Kamis, 27 Februari 2020.

Tengah : Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Dr Benny Gunawan

Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Dr Benny Gunawan mengungkapkan rahasia keberhasilan penangkapan pelaku pengedar narkoba jenis sabu ini. ” Penangkapan ini berhasil dilakukan berkat adanya kolaborasi dan sinergi yang kuat bersama Bea Cukai Kanwil Jateng DIY dan Tanjung Emas. Di tahun 2020 selama dua bulan ini sudah ada 2 kasus yang berhasil kita tangani berkat kolaborasi ini”, ungkapnya.

Tengah : Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Jateng DIY, Moch. Arif Setijo Nugroho

Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Jateng DIY, Moch. Arif Setijo Nugroho.  “Sinergitas yang sudah terjalin ini akan kami jaga dan terus kami bangun demi mengamankan negara ini dari penyelundupan narkoba. Kami memiliki tools yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya penyelundupan narkoba seperti mesin x-ray, ion scan, anjing pelacak K-9 dan sebagainya. Kami juga siap berkoordinasi dan bersinergi dengan BNN dan APH yang lain untuk mengamankan negara dari penyelundupan narkoba”, jelasnya.

Pengungkapan kasus ini berawal dari adanya informasi intelijen dari Bandara Hang Nadim Batam yang di terima oleh Tim Pemberantasan Narkotika BNNP Jateng bahwa ada seorang penumpang pesawat yang membawa narkotika akan tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Informasi tersebut diterima pada hari minggu, 16 Februari 2020. Tim Pemberantasan narkotika BNNP Jateng bersama dengan Petugas Otoritas Bandara Internasional  Ahmad Yani Semarang melakukan pengamanan terhadap B dengan barang bukti 3 (tiga) paket @50 gram, berisi kristal putih diduga narkotika jenis sabu dengan total berat 150 gram yang disimpan di dalam tubuh (dubur) tersangka.

Berdasarkan hasil interogasi, tersangka B mengaku bahwa barang tersebut akan diantar menuju Jepara dengan penerima atas nama Jon (NM) yang beralamat di Dealer Toyota Jl. Raya Ngabul Jepara. Kemudian tim melakukan Control Delivery dan berhasil meringkus penerima narkotika jenis shabu bernama NM dengan barang bukti 1 (satu) buah HP merek LG dan Honda Vario warna putih.

Dari pengembangan kasus ini berhasil diamankan 4 orang tersangka berinisial B (pembawa), NM (penerima di Jepara), A dan N (warga binaan Lapas Kelas IA Semarang). Barang bukti lain selain 150 gram kristal putih diduga sabu yang turut diamankan terdiri dari 1 unit motor honda vario beserta STNK, 6 unit HP, 1 Boarding Pass Maskapai Lion Air Penerbangan Batam-Semarang atas nama B, 1 buah timbangan dan 1 paket plastik klip bening. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Penyidik BNNP Jateng. Tersangka akan dijerat dengan Pasal Primer yaitu Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Subsider 112 (2) Jo pasal 132 UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimal hukuman mati.

Comment here