Lain-lain

Bea Cukai Jateng DIY Hadiri Kick-Off Perubahan Tusi KPP Pratama

Semarang (02/03) – Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY, menghadiri Kick-Off Perubahan Tugas dan Fungsi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, yang diadakan oleh Kanwil Pajak Jateng I di KPP Pratama Semarang Timur. Acara yang digelar pada hari Senin, 02 Maret 2020 tersebut dihadiri oleh 50 lebih stakeholders Ditjen Pajak baik dari wajib pajak maupun instansi terkait.

Para undangan menyaksikan penampilan tari gambyong

Perubahan tusi ini merupakan amanat dari Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-75/PJ/2020 tanggal 20 Februari 2020 tentang Penetapan Perubahan Tugas dan Fungsi Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Dimana perubahan ini bertujuan  meningkatkan efektivitas kinerja pengawasan serta penggalian potensi pajak. Yang paling signifikan dari perubahan tusi ini adalah pemindahan wajib pajak strategis ke KPP Madya sehingga KPP Pratama bisa lebih konsentrasi ke wajib pajak potensial dan ekstensifikasi wajib pajak baru.

Tri Wikanto (kiri) bersama Kakanwil DJP Jateng I, Suparno

“Mengapa kami mengundang saudara-saudara semua baik dari mitra wajib pajak maupun instansi? Karena Ditjen Pajak tidak dapat bekerja sendiri. Wajib pajak merupakan pahlawan masa kini. Dari instansi terkait kami mohon bantuannya untuk peningkatan penerimaan pajak sehingga makin kuat pajak, makin maju Indonesia”, demikian sambutan Suparno, Kepala Kanwil Pajak Jateng I.

Foto Bersama para pimpinan

Saat ini pendapatan Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 56,5% Pendapatan Asli Daerah (pajak kendaraan bermotor dan sejenisnya), 43,2% Dana Transfer ke Daerah (dari Pemerintah Pusat), dan 0,03% lain-lain pendapatan yang sah. Bea Cukai Jateng DIY bersama instansi terkait terutama pemerintah daerah siap berkerja sama dengan Ditjen Pajak dalam pertukaran data untuk efektifitas penerimaan perpajakan. Sebagaimana telah dilakukan Ditjen Bea Cukai dengan Ditjen Pajak dalam Program Sinergi Reformasi Pajak Bea Cukai atau biasa disebut Joint Program yang berkelanjutan.

Comment here