Lain-lain

Bea Cukai Jateng DIY Ikut Bahas Perekonomian Jateng Bersama Komisi XI DPR RI, BI dan BPK

Semarang (02/03) – Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto didampingi oleh Tenaga Pengkaji Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai, Nugroho Wahyu Widodo  turut membahas pengelolaan fiskal dan perekonomian di Jateng bersama Komisi XI DPR RI, pimpinan Kementerian Keuangan di Jateng, Bank Indonesia (BI) Provinsi Jateng dan BPK Jateng. Pembahasan tersebut dilakukan dalam acara Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020 ke Provinsi Jawa Tengah yang dilakukan di BI pada hari Jumat, 28 Februari 2020.

Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto menyampaikan maksud tujuan diadakannya kunjungan kerja ini. “Kunjungan kerja Komisi XI DPR RI ke Provinsi Jawa Tengah ini bertujuan untuk melihat lebih dekat mengenai pelaksanaan tugas dan wewenang mitra kerja Komisi XI DPR RI di Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini Komisi XI DPR RI juga ingin melihat lebih dekat pelaksanaan pengelolaan fiskal dan kekayaan negara yang dilakukan oleh kementerian keuangan di Provinsi Jawa Tengah”, ujarnya.

Para pimpinan BI, BPK dan instansi kementerian keuangan di Jateng selanjutnya secara bergiliran memaparkan capaian dan kinerjanya masing-masing, tak terkecuali Tri yang juga memaparkan capaian kinerja Bea Cukai Jateng DIY tahun 2019 yang berkaitan dengan 4 tupoksi Bea Cukai yaitu Revenue Collector, Trade Facilitator, Industrial Assistance dan Community Protector. Tri juga menjelaskan terkait komitmennya untuk bersinergi dengan pemprov dan pemda untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah. “Bea Cukai ikut berupaya untuk mengembangkan Kawasan Kendal dan Brebes yang sekarang sedang malaju pesat untuk relokasi pabrik dari Jawa Barat dan Jawa Timur dan kami sudah punya komitmen dengan Pemerintah Provinsi, Pemkot dan Pemkab untuk mengembangkan kawasan-kawasan yang berpotensi untuk peningkatan investasi dan ekspor”, Jelasnya.

Upaya-upaya yang telah dilakukan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Komisi XI DPR RI. Hasil pemaparan dan diskusi ini kemudian akan dilakukan pendalaman oleh DPR untuk dapat menjadi bahan dalam membuat kebijakan-kebijakan guna meningkatkan perekonomian khususnya di Jawa Tengah. Diharapkan dengan adanya diskusi ini pemerintah pusat dan daerah dapat bersinergi untuk mengetahui langkah-langkah pasti yang harus dilakukan sehingga peningkatan pertumbuhan ekonomi yang direncanakan dapat segera terealisasikan.

Pewarta : @Aji

Comment here