Pengawasan

Bea Cukai Jateng DIY dan Ditpolairud Polda Jateng Siap Bersinergi Dalam Pengawasan

Semarang (19/03) – Dalam rangka optimalisasi pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Jateng DIY melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng pada hari Kamis, 19 Maret 2020. Kunker ini dilakukan untuk menjalin kesepemahaman dan sinergi dalam melakukan pengawasan khususnya terkait penyelundupan melalui laut.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Jateng DIY, Moch. Arif Setijo Noegroho mengatakan bahwa sinergi dan kerjasama antara Bea Cukai dan Polri memang perlu dilakukan. “Dalam melakukan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai kita memang memiliki kewenangan disana namun bagaimanapun juga kita pun memiliki keterbatasan terutama masalah yuridiksi. Kalau kita kan memang khusus untuk internasional, misalkan seperti pengawasan narkoba yang masuk dari luar negeri, memang kita mungkin punya informasi dan kelebihan di bidang targeting dan profiling, namun terkait control delivery kita sudah dan harus bekerjasama dengan Polri”, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Dirpolairud Polda Jateng, Kombes Pol Risnanto beserta tim mengungkapkan bahwa dirinya siap dan terbuka untuk bekerjasama dengan Bea Cukai dalam melakukan pengawasan. “Akan kita backup dan kita dukung Pak Arif, tidak saling merecoki kewenangan masing-masing. Sebelumnya ketika saya kerja di bandara Soekarno Hatta, kita juga sudah membentuk sinergi dan kerjasama dengan Bea Cukai, saling dukung dalam melakukan pengawasan”, ungkapnya.

Keduabelah pihak sepakat untuk memperkuat sinergi untuk kepentingan Negara dan masyarakat. Diharapkan pengawasan yang akan dilakukan baik oleh Bea Cukai ataupun Ditpolairud menjadi lebih optimal. 

Pewarta : @aji

Comment here