Lain-lain

Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Keuangan Negara, Bea Cukai Jateng DIY ikuti E-Learning

Semarang (01/04) – Penggunaan teknologi informasi sudah menjadi suatu keharusan di era sekarang ini. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) salah satunya, telah menerapkan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan secara online (E-Learning) melalui Kemenkeu Learning Center (KLC). Senin-Jumat, 30 Maret sampai 3 April 2020 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY mengikuti E-Learning Cross Function Pengelolaan Keuangan Negara.

Sebagai bagian dari pelaksanaan tugas sebagai aparat fiskal, e-learning kali ini menjadi salah satu instrument untuk meningkatkan kompetensi terkait pengelolaan keuangan negara. Seperti yang kita ketahui, dalam rangka mewujudkan tujuan negara yang tergambar dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 diperlukan pendanaan yang secara tahunan dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). APBN inilah wujud dari pengelolaan keuangan negara yang dilaksanakan dan bertanggungjawab untuk kemakmuran rakyat, menjadi instrument untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur melalui pembangunan infrastruktur, keamanan, pendidikan dan kesehatan. Untuk menwujudkan hal tersebut, maka harus dijalankan fungsi-fungsi APBN diantaranya fungsi alokasi dimana anggaran harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian, fungsi distribusi dimana kebijakan anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan dan fungsi stabilisasi dimana APBN ini menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian.

Adapun pelaksanaan e-learning ini merupakan bentuk penerapan efisiensi terhadap anggaran, waktu dan tempat pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan. Di tengah pandemi global  COVID-19 yang saat ini terjadi, program e-learning ini juga sejalan dengan physical distancing dan work from home (WFH) yang sedang digalakkan, dimana e-learning ini dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun, cukup dengan mengakses laman KLC di https://klc.kemenkeu.go.id.

Comment here