Pelayanan

Bea Cukai Jateng DIY Lakukan Penghematan Anggaran Sebagai Kontribusi Penanggulangan Dampak COVID-19

Semarang (24/04) – Pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih menunjukkan peningkatan tentu memberikan dampak kepada seluruh pihak, tak terkecuali pemerintah. Untuk menanggulangi dampak ini, Kementerian Keuangan diharapkan ikut berkontribusi dalam bentuk penghematan dan pemotongan anggaran. Bea Cukai yang merupakan instansi di bawahnya juga turut mendapat bagian. “Kita ketahui bahwa Kementerian Keuangan diharapkan mempunyai kontribusi dalam penghematan dan pemotongan anggaran dan tidak terkecuali DJBC. DJBC disampaikan mencapai Rp560.8 Milyar”, ujar Padmoyo Tri Wikanto, Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY pada saat video conference bersama seluruh pejabat Eselon III se-Jateng DIY pada hari Kamis, 23 April 2020.

Penghematan dan pemotongan anggaran tersebut akan berpengaruh langsung kepada penganggaran atas program-program yang sudah direcanakan salah satunya terkait pengawasan. Tri berpesan kepada seluruh jajarannya untuk menghitung secara akurat kebutuhan-kebutuhan tim pengawasan. “Tolong dihitung secara akurat bapak ibu, kebutuhan tim untuk bergerak dan terjemahkan itu dalam satu TOR yang jelas. Saya tidak mau nanti pemotongan anggaran dampaknya kepada pengawasan yang lemah”, pesannya.

Kepala Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Firsti Masdiani atau yang akrab disapa Anin ini menyampaikan bahwa atas penghematan dan pemotongan anggaran tersebut sudah disampaikan kepada seluruh Kasubbag Umum Satker untuk mendiskusikannya dengan Kepala Kantor masing-masing. Anin juga menyampaikan terkait perhitungan anggaran yang sudah dilakukan seperti belanja-belanja apa saja yang dapat dikurangi, antara lain dari SPD, belanja bahan, sewa, listrik dan air.

Kanwil DJBC Jateng DIY mendapat target penghematan dari Kantor Pusat sebesar Rp8.3 M dan berkat sinergitas dan kontribusi dari Satker Kanwil DJBC Jateng DIY beserta Kantor Pelayanan dibawahnya target tersebut dapat terlampaui. Pemotongan dan penghematan anggaran yang dilakukan oleh DJBC ini diharapkan dapat menjadi kontribusi positif dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Comment here