Lain-lain

Tegaskan Sinergitas Dengan Pajak, Bea Cukai Jateng DIY hadiri seminar APKB

Surakarta (26/07/2018) – Bertempat di Ballroom Hotel Lorin, Bea Cukai Jateng DIY hadiri seminar yang digelar oleh Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB), Kamis 26 Juli 2018.


Seminar bertajuk “Sinergitas Kepabeanan dan Perpajakan di Dalam Fasilitas Kawasan Berikat” tersebut dihadiri oleh perwakilan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai yang menangani Kawasan Berikat, tim dari Direktorat Audit kantor pusat Bea Cukai, tim Audit kanwil Bea Cukai Jateng DIY, tim dari Direktorat PPN Ditjen Pajak, serta seluruh Pengusaha Kawasan Berikat di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Sebagai kejutan, pada acara tersebut juga hadir Sudjiatmi Notomihardjo ibunda dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo sebagai tamu kehormatan yang sekaligus memberi sambutan serta doa restu untuk kelancaran acara.


Kepala Bidang Fasilitas kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Ibu Juli Tri Kisworini mewakili Kakanwil berkesempatan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Ibu Juli Tri Kisworini menyampaikan bahwa Joint Audit dan Joint Analysis merupakan bagian dari pelaksanaan pengawasan bersama antara Ditjen Bea Cukai dan Ditjen Pajak terhadap perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat. Area analisa meliputi ekspor, impor, cukai dan kawasan berikat dengan fokus jumlah jenis barang, tarif dan klasifikasi, nilai barang dan transaksi. Ibu Juli juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada APKB yang telah memfasilitasi acara seminar tersebut sehingga jika terjadi permasalahan-permasalahan yang timbul di perusahaan terkait dengan permasalahan Bea Cukai dan perpajakan bisa diselesaikan dalam acara ini.


Kemudian Ditjen Bea dan Cukai sebelum sinergi dengan DJP dilaksanakan telah mempersiapkan penegasan pemberdayaan IT Inventory (yaitu sistem pencatatan barang yang mendapatkan fasilitas berbasis komputer) yang merupakan subsistem akuntansi dari perusahaan kepada perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat, sehingga Joint Analysis dan Joint Program yang dilaksanakan oleh DJP dan DJBC akan lebih mudah mengakses data mutasi barang. Terakhir, Ibu Juli menyampaikan Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY siap membantu dan siap menerima keluhan, serta memberikan solusi terhadap semua permasalahan yang timbul di perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat serta sedikit disampaikan tentang percepatan perizinan Tempat Penimbunan Berikat (TPB) 1 jam yang sekarang semua perizinan sudah bergeser ke Kanwil Bea dan Cukai sejak 26 April 2018 silam.

Comment here