Lain-lain

Bea Cukai Jateng DIY Terima Kunjungan Mantan, Ada Apa Ya?

Semarang, (18/10) – Bea Cukai Jateng DIY mendapat kunjungan dari Perkumpulan Purnabhakti Bea dan Cukai (PPBC) pada Kamis 17 Oktober 2019 dan diterima langsung oleh Kepala Kanwil DJBC Jateng DIY Parjiya beserta jajaran, di Ruang Rapat Kakanwil. Rombongan PPBC yang berjumlah sekitar 30 orang mantan atau pensiunan pegawai DJBC tersebut dipimpin oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PPBC, Bachtiar.

Bachtiar dalam sambutannya mengutarakan maksud dan tujuannya berkunjung ini selain untuk silaturahmi, juga untuk menyampaikan informasi dan harapan dari PPBC kepada Bea Cukai. “Meski pensiun, kami tetap ingin berguna terutama bagi institusi yang kami cintai ini. Kami sangat mengharapkan Kanwil DJBC Jateng DIY dapat memberikan masukan terkait kebijakan dan program kerja PPBC”, demikian Bachtiar menyampaikan harapannya setelah sebelumnya memaparkan sejarah, visi dan misi PPBC.

Sementara itu Parjiya menyambut hangat kunjungan tersebut sekaligus mengabarkan beberapa kondisi atau isu terkini terkait DJBC. “Reformasi DJBC terus berjalan. Kondisi Bea Cukai dahulu kala sangat berbeda dengan saat ini. Jaman itu bea cukai dikenal sebagai institusi yang korup penuh KKN, tapi sekarang justru sebaliknya. Bapak / Ibu sekalian juga ikut mengawali proses reformasi ini. Kini, tidak ada lagi budaya bea cukai yang korup yang penuh dengan KKN,” tegasnya.

Selain itu Parjiya juga menginformasikan beberapa hal tentang penerimaan, fungsi bea cukai dalam mendorong investasi di Jateng DIY, serta sinergi dengan DJP yang semakin padu. Disampaikan juga bahwa saat ini Bea Cukai Jateng DIY sedang mencanangkan pembangunan Zona Integritas. “Pada 8 Agustus 2019 lalu, kami mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Ini sudah menjadi komitmen kami untuk mewujudkan system penyelenggaraan pemerintah yang baik dengan prinsip good governance. Kami ingin mewariskan hal-hal baik pada institusi ini, pada pegawai bea cukai masa depan. Semoga kita semua termasuk golongan orang yang beruntung dan bermanfaat”, pungkasnya.

Kunjungan ini diakhiri dengan penyerahan plakat dari kedua belah pihak dan foto bersama. Ikatan persaudaraan antara pegawai bea cukai yang masih aktif maupun yang sudah pensiun diharapkan tetap terjaga. Kerjasama dalam program kegiatan tertentu juga diharapkan dapat terjalin, sehingga sinergi untuk terus berupaya menjadi golongan yang bermanfaat dapat diwujudkan.

Comment here