Lain-lain

Kemenkeu Mengajar Semarang Telah Dimulai, 124 Relawan Datang Dari Segenap Penjuru Negeri

SEMARANG (1/11) – Kemenkeu Mengajar merupakan sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar. Dalam kegiatan tersebut akan diajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Relawan juga akan mengajarkan nilai-nilai dan semangat tentang keberagaman, toleransi dan inklusifitas dalam kehidupan sehari-hari. Demikian kira-kira sambutan Kepala KPTIK-BMN Semarang, Lucas Widjang Susilo Buntarto, mewakili Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Tengah pada acara pembukaan dan briefing relawan Kemenkeu Mengajar yang berlangsung di Aula Kantor Wilayah DJBC Jateng DIY pada Jumat 1 November 2019.

Lucas selanjutnya memberikan informasi tentang kegiatan Kemenkeu Mengajar di Semarang ini. “Gerakan ini sudah dimulai dari Tahun 2016 dan Semarang sudah 3 (tiga) tahun berturut-turut sejak 2017 s.d. 2019 menggelar kegiatan ini. Saya berharap para relawan tetap semangat, dapat menyampaikan pesan-pesan dengan baik dan memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak-anak SD nanti”, ujarnya.

Sementara itu Koordinator Daerah Kemenkeu Mengajar Semarang, Nanang menceritakan tentang rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. “Kegiatan terbagi menjadi 3 (tiga) fase acara, yang pertama adalah briefing relawan yang dilaksanakan pada hari ini, yang kedua adalah hari mengajar di 5 (lima) Sekolah yang meliputi SDN Lamper Kidul II, SDN Petompon, SDN Pekunden, SDN Tawang Mas, dan SDN Bendungan. Yang ketiga atau terakhir adalah kegitan refleksi yang dilaksanakan setelah kegiatan mengajar”, jelasnya. Nanang menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 124 relawan yang terdiri 120 relawan pengajar dan 14 relawan dokumentator. “Untuk kegiatan briefing relawan sendiri merupakan pertemuan tatap muka antara panitia dan relawan untuk menyamakan persepsi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. Disini kami juga mengundang pakar yang kompeten di bidangnya yaitu Joko Susanto yang merupakan Guru SD Teladan Nasional 2019 dan dari kelas Inspirasi Semarang. Mereka akan sharing pengalaman tentang metode pengajaran yang tepat, bagaimana manajemen kelas, memotivasi, dll”, sambungnya. Dengan briefing relawan ini diharapkan terjalin niat dan semangat yang sama antar relawan sekaligus memperkaya bekal yang tepat dalam metode pembelajaran kepada anak-anak usia dini, sehingga apa yang menjadi tujuan gerakan Kemenkeu Mengajar dapat tercapai dengan efektif dan berhasil guna.

Comment here