Fasilitas

Bea Cukai Jateng DIY Siap Dukung Ekspor UMKM

Semarang (4/11) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mengadakan “Pameran UMKM Gayeng” di Museum Lawang Sewu, 1-3 November  2019. Pameran ini bukanlah pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) biasa karena tujuan penyelenggaraannya adalah memfasilitasi pelaku UMKM di provinsi Jawa Tengah untuk bertemu dan bertransaksi dengan pembeli dari luar negeri. Salah satu dari rangkaian acara pameran adalah Seminar “Fast Track UMKM: Siap Ekspor, Siap Digital” yang mendatangkan Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah DIY sebagai narasumber pada Sabtu, 2 November 2019.

Juli Tri Kisworini selaku Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai memaparkan materi tentang perizinan dan penyelesaian ekspor sekaligus dukungan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk IKM/UMKM. “ Jangan lagi memandang ekspor sebagai suatu hal yang sulit dan berbelit. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melalui portal perizinan terpadu Online Single Submission (OSS) membuka pintu selebar-lebarnya bagi para pelaku UMKM untuk mendaftarkan diri sebagai eksportir dengan mudah. Cukup dengan akta pendirian dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pelaku usaha dapat mendaftar di OSS untuk mendapatkan Nomor Izin Berusaha (NIB) yang selanjutnya berlaku sebagai Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) sebagai syarat untuk akses layanan kepabeanan”, terangnya.

“Prosedur penyelesaian ekspor di Bea Cukai sendiri dipastikan sederhana. Dokumen ekspor setelah didaftarkan hanya butuh waktu beberapa menit untuk mendapatkan persetujuan ekspor. Apabila barang sudah mendapatkan persetujuan ekspor dari Bea Cukai, eksportir selanjutnya menyelesaikan urusan pengiriman dengan jasa ekspedisi, pelabuhan, shipping agent, dan sebagainya”, sambungnya. Juli menutup paparan dan sesi tanya jawab dengan mengajak pelaku UMKM untuk tidak ragu meningkatkan daya saing produknya dan belajar melakukan ekspor sendiri. Prosedur pendaftaran dan penyelesaian ekspor barang di Bea Cukai saat ini selain sederhana, juga dipastikan bebas biaya. Apabila pelaku UMKM ingin belajar prosedur ekspor lebih rinci dipersilahkan meminta layanan informasi pada Client Coordinator pada kantor-kantor Bea Cukai yang mengawasi pelabuhan ekspor setempat atau dapat menghubungi Call Centre Bravo Bea Cukaidi nomor telepon 1500-225.

Comment here