Lain-lain

“Demo K-9” Bea Cukai Jateng DIY Curi Perhatian Siswa/i Sekolah Dasar

SEMARANG (6/11) – Tak mau kalah dengan para pegawai Kemenkeu yang menjadi relawan, “Pluto” si anjing pelacak Bea Cukai Jateng DIY juga ikut menyemarakkan kegiatan Kemenkeu Mengajar. Pluto beraksi bersama Tito dan Pamungkas yang merupakan tim dog handlernya, pada Senin 4 November 2019 di SDN Petompon II Semarang, dan SDN Lamper Kidul II Semarang dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 4 di Kota Semarang.

Tito lantas memulai memberikan informasi bahwa demo pertama akan segera dilaksanakan. “Kami akan simulasikan bagaimana tugas kami di Unit K-9 dalam mendeteksi narkoba yang disembunyikan di barang kiriman dari luar neger. Pluto akan mengendus barang-barang yang telah disusun. Dia akan mencari barang mana yang didalamnya terdapat barang larangan jenis narkotika”, jelasnya. Setelah aba-aba dimulai, maka Pamungkas bersama Pluto segera melacak keberadaan narkotika tersebut. Setelah mengendus-endus kemudian Pluto kemudian duduk disamping salah satu kardus yang ternyata setelah dicek bersama salah satu siswa, di dalam kardus tersebut berisi bungkusan yang berbau seperti narkotika. Pluto berhasil.

Pada demonstrasi yang kedua dibuat seperti suasana di bandara, dimana penumpang membawa tas dan barang bawaannya kemudian dicek oleh Pluto. Kali ini melibatkan para siswa yang berperan sebagai penumpang. Lucu reaksi mereka, ada yang senang, ada yang sedikit takut-takut tapi tertawa-tawa, dll. “saya minta bantuan 4 siswa untuk memegang koper. Adik-adik silakan berbaris ya  pura-pura jadi penumpang yang habis jalan-jalan dari  luar negeri. Kita akan lihat bagaimana Pluto menjalankan tugasnya. Adik-adik tetap tenang ya, Pluto tidak akan menggigit, menjilat, apalagi agresif menyerang ya”, instruksi Tito dengan sabar dan ceria.

Sejurus kemudian, Pulto mulai beraksi mengendus-endus kopernya. Setelah melacak beberapa saat, akhirnya Pluto duduk disamping koper nomor 4. Yah, Pluto akhirnya kembali berhasil menemukan barang yang berbau seperti narkotika yang disembunyikan di dalam koper. Siswa-siswi Nampak antusias mengikuti jalannya demo. Pluto memang anjing yang pintar dan terlatih. Dia berhasil mencuri perhatian seluruh siswa. Tak heran jika sebelumnya Pluto telah berprestasi dalam mengungkap  beberapa upaya penyelundupan narkotika di Kantor Pos International Semarang, DHL Semarang, dan Bandara International.

Comment here