Fasilitas

Sistem IT Inventory Memenuhi Syarat, PT Agri Spice Indonesia Kantongi Fasilitas KITE Dari Bea Cukai Jateng DIY

Semarang (5/11) – Direktur PT Agri Spice Indonesia, Ahmad Ruslianto, pada paparan pembukanya berharap bahwa kesempatan yang diberikan oleh Kanwil DJBC Jawa Tengah DIY tidak disia-siakan oleh timnya dalam memberi paparan proses bisnis PT Agri Spice Indonesia dalam rangka memenuhi persyaratan penerima fasilitas Kemudahan Impor untuk Tujuan Ekspor (KITE). Harapannya terwujud dengan diberikannya fasilitas KITE kepada PT Agri Spice Indonesia pada hari Selasa, 5 November 2019.

PT Agri Spice Indonesia, produsen hasil rempah-rempah yang menempati lahan seluas 3 (tiga) hektar di Kabupaten Klaten, dinyatakan memenuhi seluruh persyaratan untuk mendapatkan fasilitas KITE Pembebasan Bea Masuk.  Dalam Berita Acara yang dibacakan oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini, yang memimpin langsung sesi pemaparan proses bisnis, PT Agri Spice Indonesia dinyatakan memenuhi syarat responsibility, pemahaman proses bisnis KITE, nature of business, Sistem Pengendalian Internal, Standard Operational Procedure yang memadai, dan pemberdayaan IT Inventory sesuai ketentuan. Dengan demikian PT Agri Spice Indonesia berhak menerima Surat Keputusan pemberian fasilitas KITE Pembebasan dalam tempo paling lambat satu jam sejak presentasi, sesuai janji layanan Kanwil DJBC Jawa Tengah DIY.

Juli berterima kasih kepada PT Agri Spice Indonesia yang telah menggunakan sistem IT Inventory yang terintegrasi dengan sistem Accounting sehingga arus barang mudah dilacak (tracable). IT Inventory ini jangan sampai tidak dipakai oleh perusahaan karena ini bagian yang penting dari penerima fasilitas KITE. Perusahaan harus memperhatikan proses ekspor barang dengan baik, pastikan pemberitahuan ekspor barang sesuai dengan kondisi fisik barang yang akan diekspor” pesan Juli. Kanwil DJBC Jawa Tengah DIY dalam perannya sebagai industrial assistance siap membantu PT Agri Spice Indonesia yang bervisi menjadi eksportir rempah-rempah kelas dunia untuk memiliki kelangsungan usaha jangka panjang dan berkelanjutan. “Kami mempunyai Whatsapp Group KITE TPB yang dikelola oleh Kanwil DJBC Jawa Tengah DIY, silahkan PT Agri Spice Indonesia bergabung sehingga mudah bagi kami untuk memberikan informasi dan membantu apabila ada permasalahan dalam proes bisnis impor ekspor produknya.” tutup Juli.

Dengan demikian, PT Agri Spice Indonesia menjadi penerima fasilitas KITE ke-7 dari Bea Cukai Jateng DIY. Total s.d. saat ini ada 55 perusahaan penerima fasilitas KITE di wilayah Jateng dan DIY. Proses perijinan ini juga merupakan sinergi antara Bea Cukai Kanwil dengan KPPBC Surakarta dalam upaya untuk mendukung investasi dan ekspor.

Comment here