Lain-lainPelayanan

Jurus Jitu Bea Cukai Jateng DIY Tingkatkan Pelayanan Prima

Semarang (6/11) – Bea Cukai Jateng DIY menggelar lokakarya Customs & Excise Client Service Charter (CECSC) yang diikuti oleh 30 pegawai pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pada hari Selasa dan Rabu, 5 dan 6 November 2019. Lokakarya CECSC ini merupakan aksi nyata Bea Cukai dalam berupaya meningkatkan pelayanan prima kepada stakeholder guna mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi oleh Bea Cukai semakin berat sehinga diperlukan adanya peningkatan kualitas pegawai. “Tantangan yang kita hadapi sebagai pegawai Bea dan Cukai lambat laun semakin berat apalagi di tahun 2019 ini adalah tahun dimana Bea Cukai tinggal landas, untuk menghadapi hal itu salah satunya dengan kita tingkatkan kualitas pegawai dengan lokakarya CECSC ini” jelasnya.

Narasumber kali ini adalah Lenni Ika Wahyudiasti Kabag Umum Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, Gustin Tjindarwasih Kasubbag Umum Bea Cukai Yogyakarta dan Sandy Hendratmo Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Bea Cukai Surakarta. Mereka secara bergiliran menjelaskan terkait Character Building, Komunikasi, Standar Penampilan dan Pelayanan Prima. Selain materi dan pembekalan para peserta juga dibekali pengalaman yang dikemas dalam bentuk simulasi (role play) yang diperankan langsung oleh para peserta. Tujuan simulasi ini adalah agar para pegawai mendapatkan pengalaman dan mampu memiliki sikap, perilaku, penampilan dan tindakan sesuai standar layanan DJBC.

Dengan diadakannya lokakarya ini diharapkan seluruh peserta dalam hal ini pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dapat meningkatkan kualitas kinerja dalam membangun institusi dan mampu menjadi pegawai yang memiliki sikap, perilaku, penampilan dan tindakan sesuai standar layanan DJBC baik untuk internal kantor maupun kepada pihak eksternal atau stakeholder serta dapat menjadi role model bagi pegawai lainnya.

Comment here