Lain-lain

Menkeu: “Jadilah Pahlawan dengan Turut Memudahkan Hidup Orang Lain!”

Semarang (11/11) – Jajaran pejabat dan pegawai perwakilan Kementerian Keuangan di Semarang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-74 di Gedung Keuangan Negara II, Jalan Imam Bonjol Semarang, pada hari Senin, 11 November 2019. Tema peringatan Hari Pahlawan kali ini adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Mahmudsyah bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya Mahmudsyah membacakan pidato Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menkeu mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk selalu meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang di antaranya adalah keberanian dan semangat, sinergi dan kolaborasi, dan juga rela berkorban. Nilai-nilai tersebut diharapkan tidak hanya dilakukan sekedar seremonial dan upacara namun harus dijadikan inspirasi dan dipelihara. Menkeu juga mengatakan tentang fungsi pegawai Kemenkeu dalam konteks pejuang masa kini, “Sebagai bagian dari Kementerian Keuangan, anda telah terpilih maupun memilih untuk berjuang di bidang pengelolaan keuangan negara. Ini adalah arena atau medan perjuangan yang sama peliknya seperti yang dihadapi oleh para pejuang kemerdekaan,” ujarnya.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa ada banyak orang yang hidupnya bisa lebih baik jika kita dapat menjalankan tugas dan fungsi kita dengan baik. Ada kurang lebih 9,4% rakyat Indonesia yang masih berada pada garis kemiskinan. Kita bisa menjadi pahlawan dengan turut memudahkan hidup orang lain,” sambung Menkeu.

Ada satu hal yang membuat upacara peringatan ini berbeda dengan upacara peringatan lainnya yaitu adanya sesi Pembacaan Pesan-pesan Pahlawan Nasional. Dalam sesi ini dibacakan pesan beberapa pahlawan nasional seperti Insinyur Soekarno, Profesor Mochamad Yamin, dan Mochammad Hatta. “Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati  jasa pahlawannya” demikian sebagaimana disampaikan oleh Ir. Soekarno dalam pidato Hari Pahlawan tanggal 10 November Tahun 1961.

Comment here