Lain-lain

Kunjungan Belajar Mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Kementerian Keuangan Terbuka Untuk Semua Yang Ingin Membangun Negeri Ini

Semarang (14/11) – Hari Kamis, 14 November 2019, Perwakilan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Jawa Tengah, mendapat kunjungan belajar 56 mahasiswa/i Diploma III Program Studi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta di Gedung Keuangan Negara I, Jalan Pemuda, Semarang.

Kepala Kantor Pengelolaan TIK dan Barang Milik Negara (KPTIK-BMN) Semarang, Lucas Widjang Susilo, menyambut baik kunjungan belajar dari para mahasiswa/i yang sudah menginjak semester 5 ini. Lucas berharap para mahasiswa/i dapat lebih mengenal Kementerian Keuangan dan mengajak mereka untuk bergabung sebagai pegawai maupun sebagai mitra. “Kementerian Keuangan terbuka untuk lulusan Perguruan Tinggi mana saja, adik-adik selain jadi pegawai juga bisa menjadi mitra Kementerian Keuangan, yang penting tujuannya sama yaitu untuk membangun Negeri ini menjadi lebih baik” ujarnya.

Perwakilan Kementerian Keuangan menghadirkan tiga narasumber dari Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan ditutup oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang diwakili oleh pegawai dari Humas Kanwil DJBC Jawa Tengah DIY, Adi Subaryadi.

Acara pemberian materi berlangsung seru dan interaktif. Adi yang menjelaskan 4 tugas Bea Cukai yaitu Revenue Collector, Community Protector, Trade Facilitator, dan Industrial Asistance memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa/i UNS. Mereka terutama sangat tertarik dengan materi Community Protector seperti saat Adi menceritakan tentang apa yang pegawai Bea Cukai hadapi di Selat Malaka untuk mencegah penyelundupan, bagaimana pegawai Bea Cukai dapat mengetahui penumpang yang menelan kapsul berisi narkoba, dan penindakan rokok ilegal yang harus menghadapi warga setempat yang belum tentu tau Bea Cukai. Acara ditutup dengan kunjungan mahasiswa/i ke tempat pelayanan terpadu di lobi Gedung Keuangan Negara I.

Comment here