Lain-lain

Dukung Program Eco Office, Bea Cukai Jateng DIY Mandatorykan Office DJBC

SEMARANG (18/11) – Jalankan Instruksi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar masing-masing unit vertikal Kementerian Keuangan menerapkan kantor yang ramah lingkungan, maka mulai Senin, 18 November 2019, seluruh pegawai pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY harus menggunakan aplikasi CEISA Office DJBC sebagai sarana untuk mempercepat pendistribusian surat sekaligus untuk meminimalisir penggunaan kertas.  “Langkah ini merupakan wujud nyata yang dilakukan dalam mendukung program green office atau Eco Office. Kita dulu mengenal office automation dalam pendistribusian surat menyurat namun berhenti karena beberapa kendala. Mulai senin ini saya perintahkan agar kita memperdayakan IT, kita gunakan Office DJBC”, demikian perintah tertulis Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto.

Office DJBC merupakan aplikasi sejenis office automation yang telah disediakan DJBC dan merupakan bagian dari aplikasi CEISA (Customs & Excise Information System and Automation). Penggunaan aplikasi ini selain melalui Personal Computer di kantor juga dapat dilakukan secara mobile dengan Handphone. Jadi selain mudah juga praktis dalam operasionalnya. Terkait pengelolaan dokumen misalnya, terdapat beberapa tools mudah seperti preview surat, header proses surat, menu disposisi, menu diskusi, dan menu penyelesaian  yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengupload ouput atau jawaban dari surat yang masuk.

Selain itu Tri yang baru saja menjabat Kakanwil DJBC Jateng DIY menggantikan Parjiya juga memerintahkan agar dalam rapat-rapat tidak perlu menggunakan kertas. “Kita jalankan instruksi Menteri Keuangan agar menerapkan eco office. Salah satunya dengan cara ini, mengurangi penggunaan kertas. Selanjutnya pelaksanaan office DJBC ini akan dipantau oleh Bagian umum dan Bidang Kepatuhan Internal”, peritahnya.

Dengan mandatory Office DJBC ini diharapkan proses distribusi dan pengelolaan surat menyurat lebih efektif dan efisien serta ramah lingkungan. Dengan demikian kinerja individu maupun organisasi dapat semakin ditingkatkan.

Comment here