Lain-lain

Ikut Jaga Lingkungan, Bea Cukai Jateng DIY Terapkan Eco-Office

SEMARANG (18/11) – Pernah mendengar istilah Eco-Office? Ya, Eco-Office atau kantor ramah lingkungan merupakan kantor yang telah menerapkan sistem manajemen yang ramah lingkungan, berupaya mendorong semua aktivitas kerja yang tidak hanya berorientasi pada kinerja, tetapi juga meningkatkan kualitas lingkungan hidup, kesehatan, dan kenyamanan lingkungan kerja. Tak ketinggalan, Bea Cukai Jateng DIY saat ini mulai menerapkan Eco-Office sebagai bentuk upaya partisipasi menjaga lingkungan. Kepala Kantor Wilayah DJBC Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto bahkan memberikan perintah tertulis kepada seluruh pegawai melalui ND-1266/WBC.10/2019 tanggal 14 November 2019 agar melaksanakan program Eco-Office dengan penuh tanggung jawab.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Menteri Kuangan Sri Mulyani melalui surat edarannya nomor SE-6/MK.1/2019 tanggal 03 Mei 2019 tentang Penerapan Kantor Ramah Lingkungan (Program Eco-Office) mengistruksikan kepada masing-masing unit vertikal Kementerian Keuangan untuk dapat menerapkan kantor yang ramah lingkungan. Kita mungkin sudah menerapkannya selama ini namun belum optimal. Saya ingin kantor ini segera mengimplementasikan secara penuh dan bertanggung jawab”, ujarnya.

Tri dalam perintah tertulisnya menguraikan beberapa langkah yang harus dilakukan dalam program ini seperti mengurangi sampah plastik dan kertas, menghemat energi listrik dan air, memperhatikan kebersihan dan kenyamanan ruang kerja, serta mengelola sampah dengan baik.

Selain untuk menjaga lingkungan, penerapan Eco-Office ini juga akan menambah kenyamanan bagi seluruh pegawai dalam melaksanakan tugas sehari-hari, lingkungan yang nyaman dan ramah lingkungan, akan berdampak pada meningkatnya kinerja bagi suatu organisasi. Jadi, sudahkah kantor anda menerapkan Eco-Office?

Comment here