Lain-lain

Gerakan Intens Bea Cukai Wujudkan Program Green Office

Semarang (20/11) –  Menindaklanjuti arahan tertulis Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY sekaligus bukti nyata bea cukai dalam mendukung program Eco Office dan penggunaan aplikasi Office DJBC, Bea Cukai Jateng DIY menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pegawai (PPKP) terkait office automation (OA) yang dibawakan oleh pegawai pada seksi Penerimaan dan Pengelolaan Data (PPD), Pandam Agung Ariwibowo pada hari Rabu, 20 November 2019 bertempat di ruang Aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai pada kantor bea cukai Jateng DIY.

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto dalam sambutannya memberikan apresiasi atas respon cepat yang dilakukan para pegawai dalam mengimplementasikan OA. “Saya apresiasi atas respon cepatnya terkait penerapan Office Automation, seminggu yang lalu saya perintahkan dan senin kemarin sudah bisa dilaksanakan, seperti inilah pegawai yang lincah dan cepat. Nanti kita akan ada gagap sedikit karena yang tadinya harus tulis-tulis di kertas sekarang harus melototin komputer/HP masing-masing”, Jelasnya.

Tri juga menegaskan bahwa pengelolaan IT ini harus terus dikembangkan dan program-program yang sudah diintruksikan oleh Menkeu harus diwujudkan. “Para Kabid harus fokus bahwa IT ini harus terus dikembangkan biar kita semakin responsif dan program go green, eco office yang sudah diintruksikan oleh menteri keuangan harus diwujudkan. Hal-hal kecil yang bisa kita lakukan harus mulai kita lakukan karena ini bagian dari program dan itu sudah tertulis dalam naskah menteri keuangan”, Pungkasnya

Selanjutnya saat membawakan materi Pandam mejelaskan bahwa di era sekarang ini aplikasi OA dapat diakses menggunakan mobile phone dan dapat diakses dimana saja. “Dulu aplikasi OA hanya bisa diakses menggunakan perangkat komputer yang ada dikantor, namun sekarang sudah bisa diakses lewat mobile phone / HP dan dapat diakses dimana saja, ngga harus dikantor, karena tagline dari aplikasi OA ini sendiri yaitu Work Hard Everywhere “, jelasnya.

Pandam juga menjelaskan bahwa dalam aplikasi Office DJBC terdapat fitur-fitur yang digunakan dalam bekerja sehari-hari seperti administrasi surat masuk, disposisi surat, smart agenda, mekanisme penunjukan pelaksana tugas (Plt) dan pelaksana harian (Plh). Fitur-fitur tersebut juga terdapat pada aplikasi Office DJBC versi mobile (HP).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pegawai tidak ada lagi yang terkendala dan gagap dalam mengoperasikan aplikasi Office DJBC dan dengan adanya penggunaan aplikasi ini dalam kinerja sehari-hari para pegawai diharapkan dapat lebih responsif, efektif dan efisien sehingga kedepannya dapat mewujudkan program-program menteri keuangan khususnya untuk mewujudkan kantor yang ramah lingkungan (eco office).

Comment here