Lain-lain

Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Bea Cukai Jateng DIY Ikuti E-Learning KITE IKM

Semarang (21/11) –  Program pendidikan dan pelatihan secara online (E-Learning) semakin marak dilaksanakan di lingkungan Kementerian Keuangan. Setelah beberapa waktu lalu dilaksanakan                    E-Learning Kode Etik dan Prilaku yang wajib diikuti seluruh pegawai, kini ada E-Learning KITE IKM yang diikuti oleh perwakilan pegawai Bea Cukai dari seluruh Indonesia dan dilaksanakan di kantornya masing-masing. Kegiatan yang dilaksanakan di Kanwil DJBC Jateng DIY kali ini diikuti oleh 4 (empat) pegawai dan dilaksanakan mulai Rabu 20 November hingga Jumat 22 November 2019.

Plt. Kepala Subbagian Kepegawaian Kanwil DJBC Jateng DIY, Djarot Utomo selaku penanggung jawab dalam pengelolaan dan pengembangan pegawai menjelaskan tujuan dari E-Learning KITE IKM ini. “Program ini didesain untuk membentuk pegawai DJBC yang mampu melaksanakan tugas pemberian informasi, pelayanan dan pengawasan mengenai Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Industri Kecil dan Menengah (IKM)”, jelasnya. Djarot juga menambahkan bahwa E-Learning bukan hal baru di Bea Cukai, hanya saja memang sekarang ini metode E-Learning semakin banyak diterapkan karena dinilai lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan jamannya.

Dalam pelaksanakan E-Learning ini, peserta hanya perlu mengakses https://klc.kemenkeu.go.id melalui jaringan Kementerian Keuangan. Peserta kemudian harus membaca literature dan mengikuti setiap tahapan pembelajaran yang ada. Layaknya sebuah diklat konvensional (metode tatap muka), di               E-Learning juga diadakan pre test, Quiz per materi dan post test. Selain itu juga disediakan forum diskusi online yang didampingi fasilitator dari tim pemateri. Setelah tahapan tersebut selesai dilaksanakan dan dinilai telah melewati passing grade dalam test, maka peserta akan dinyatakan telah mengikuti secara tuntas E-Learning tersebut.

Sementara itu Cahya Nugraha, Kepala Seksi Perijinan Fasilitas Kepabeanan dan Cukai I yang menjadi salah satu peserta mengungkapkan pendapatnya tentang E-Learning ini. “Pengembangan IT di berbagai bidang sudah menjadi tuntutan jaman. Pun begitu dengan program pengembangan kompetensi pegawai yang sekarang ini banyak menggunakan metode E-Learning. Selain cocok buat generasi muda yang secara umum sudah familier dengan teknologi khususnya Komputer dan internet, metode ini juga fleksible dalam waktu pelaksanaannya. Peserta bisa mengatur sendiri waktunya disesuaikan dengan beban kerja di kantor masing-masing”, ungkapnya.

Comment here