Lain-lain

Sosialisasi Rokok Ilegal Sambil Berbagi Ala Bea Cukai Jateng DIY

SEMARANG (25/11) – Untuk kesekian kalinya, setiap hari Jum’at Bea Cukai Jateng DIY melakukan kegiatan Jumat Berbagi yang dilakukan di depan Kantor Bea Cukai Jateng DIY dan sekitarnya. Kali ini kegiatan dikemas dalam bentuk yang berbeda yaitu disertai dengan kegiatan Sosialisasi Di Jalan (SDJ). Materi yang disosialisasikan pada Jumat 22 November 2019 kali ini adalah tentang Rokok Ilegal. Menarik bukan, selain untuk berbagi rezeki kepada yang membutuhkan juga disertai dengan berbagi informasi tentang rokok ilegal.

Seperti biasanya banyak warga yang lalu lalang melintas di depan kantor. Mereka yang membutuhkan akan berhenti sejenak mengambil makanan dan minuman seperlunya. Mereka adalah tukang becak, tukang parkir, warga yang kebetulan lewat hingga tukang ojek online.

Di sela acara berbagi itulah tim sosilasisasi tak mau ketinggalan juga ikut berbagi informasi terkait rokok illegal. Khansa salah satu anggota tim menjelaskan mengenai rokok ilegal dan jenis-jenis rokok ilegal. ”Rokok ilegal itu antara lain adalah rokok yang diedarkan tapi tidak dilunasi Cukai/Pajaknya terlebih dahulu. Rokok ilegal ada beberapa jenis yaitu rokok polos atau rokok yang tidak ada pita cukainya, rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai bekas, rokok dengan pita cukai bukan peruntukannya dan rokok dengan pita cukai yang bukan hak nya. Kalau yang banyak ditemukan di pasaran dan paling mudah dikenali yaitu rokok polos”, jelasnya seraya memberikan penjelasan lebih detil lagi.

Sementara itu dari beberapa orang yang diwawancara ternyata sudah banyak yang mengetahui tentang rokok illegal namun ada beberapa yang belum mengetahui. Rizal Nur Ardianto yang berprofesi sebagai driver ojek online mengaku mengetahui tentang rokok illegal. “ Iya saya mengetahui, rokok ilegal itu rokok yang diproduksi tanpa ada ijin dari negara”, ungkapnya. Petugas selanjutnya menghimbau Rizal agar menyebarluaskan informasi rokok illegal kepada komunitasnya, dan melaporkan kepada Bea Cukai apabila menemukan rokok illegal. Bea Cukai Jateng DIY selain membagikan makanan dan minuman secara gratis juga membagikan souvenir berupa gantungan kunci rokok illegal. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin tahu dan peduli betapa merugikannya keberadaan rokok illegal, sehingga tidak membeli atau mengkonsumsinya. Dengan demikian permintaan akan rokok illegal atau pasar rokok illegal semakin sempit.

Comment here