Fasilitas

Bea Cukai Ajak DHL Express Semarang dan Stakeholder Pacu Pertumbuhan Ekonomi Jateng

SEMARANG (11/12) – Dalam rangka pengoperasian fasilitas barunya, pada Rabu, 11 Desember 2019,  Perusahaan Jasa Titipan DHL Express Semarang mengundang Bea Cukai Jateng DIY pada acara soft opening di Area Facility DHL sekaligus workshop pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara (BMTPS), bertempat di Jalan Pamularsih No. 121, Semarang. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 50 stakeholders DHL yang terdiri dari perusahaan-perusahaan penerima fasilitas fiskal Kawasan Berikat di Semarang dan sekitarnya.

Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia (foto adisby/Humas BC Jateng DIY)

Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor, DHL Express Indonesia, memberikan sambutannya. Ahmad menjelaskan bahwa Fasilitas DHL di Semarang adalah fasilitas terbesar di Indonesia setelah Jakarta, di mana Fasilitas DHL di Jakarta sendiri merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. “Kesuksesan DHL di Indonesia tidak lepas dari hubungan yang baik dengan Bea Cukai, di mana kami selalu berusaha menjadi mitra yang compliance dalam segala hal” ujarnya.

Juli memberi sosialisasi di hadapan peserta (foto adisby/Humas BC Jateng DIY)

Juli Tri Kisworini, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, menyambut baik pengoperasian fasilitas DHL Express Semarang yang baru. Juli menyebut DHL sebagai “mitra yang klop”. Kepatuhan terhadap peraturan dan standar proses bisnis DHL yang berkualitas menjadikan DHL tidak hanya sekedar perusahaan jasa titipan yang mencari keuntungan namun turut serta memberikan kontribusi terhadap perekonomian Jawa Tengah. “Buktinya, tidak sedikit perusahaan penerima fasilitas fiskal Bea Cukai yang melakukan importasi dengan menggunakan jasa DHL Express.”jelas Juli.

Acara dilanjutkan dengan fasility tour yaitu berkeliling melihat fasilitas DHL Express Semarang. Fasilitas seluas 3.500 m2 yang selesai dibangun setelah ground breaking setahun yang lalu ini telah memenuhi syarat sebagai Kawasan Pabean dan Tempat Penimpunan Sementara dari Bea Cukai Jateng DIY.

Juli Tri Kisworini, mengikuti tour facility DHL Express Semarang (foto Rianto/PLI BC Tanjung Emas)

Setelah tour, para peserta kembali ke ruangan utama untuk mengikuti sesi Workshop Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara yang dibawakan oleh Juli dan Heru P. Sembiring, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjung Emas. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang diikuti secara antusias oleh peserta.

Penerima Fasilitas Kawasan Berikat berdiskusi saat sosialisasi BMTPS (foto adisby/Humas BC Jateng DIY)

Dalam kesempatan ini Juli mengajak DHL Express dan segenap pengusaha yang datang untuk turut serta menumbuhkan ekonomi negeri ini dengan patuh pada peraturan dan mendukung segala kebijakan pemerintah. Pembukaan Fasilitas baru DHL Express Semarang diharapkan bukan sekedar ekspansi perusahaan namun juga menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi melalui kelancaran arus barang impor dan ekspor.

Pewarta: adisby/ Editor: @BCJdiy

Comment here