Lain-lain

Tingkatkan Layanan, Bea Cukai dan Pemprov Jateng Tandatangani MoU Pengelolaan Aduan Terintegrasi

Semarang (11/12) – Dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Provinsi Jawa Tengah termasuk yang melibatkan instansi vertikal, Pemprov Jateng berinisiasi untuk melakukan perbaikan layanan kepada masyarakat secara bersama-sama antara lain dengan melakukan penanganan aduan masyarakat secara elektronik terintegrasi antara Pemprov dengan instansi terkait lainnya. “Penandatanganan MoU tentang layanan aduan terintegrasi ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan Collaborative Governance”, demikian disampaikan Herru Setiadhie, Pj Sekretaris Daerah Pemprov Jawa Tengah mewakili Gubernur, pada acara penandatanganan MoU pada Rabu, 11 Desember 2019 di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang.

Layanan aduan terintegrasi ini merupakan bentuk inovasi pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan aduan seputar pelayanan publik. Aduan masyarakat yang masuk akan diterima dan dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah, untuk diteruskan secara elektronik dan ditindaklanjuti oleh instansi terkait.

Sementara itu Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kanwil DJBC Jateng DIY , Yacobus Agus Wahyudiono yang mewakili Kakanwil untuk melakukan penandatanganan MoU menyampaikan pendapat dan harapannya. “Salah satu ciri birokrasi yang baik adalah “melayani”. Melayani dalam arti yang positif termasuk dalam hal melayani pengaduan masyarakat. Sebenarnya kami sudah mempunyai sistem layanan aduan masyarakat secara mandiri yaitu SIPUMA (Sistem Aplikasi Pengaduan Masyarakat). Namun demikian kami siap bekerja sama dalam pengelolaan pengaduan terintegrasi ini”, ungkap Yacobus. “Kami juga berharap agar segera dirumuskan teknis pelaksanaannya sehingga kemudahan dan transparansi terkait pengaduan masyarakat dapat cepat dirasakan dan dilihat oleh masyarakat”, pungkasnya.

Comment here