Lain-lain

Tingkatkan Skill Fotografi, Bea Cukai Jateng DIY Berguru Ke Darwis Triadi

YOGYAKARTA (17/12) – Guna peningkatan kompetensi dan keahlian pegawai di bidang kehumasan, sebanyak dua perwakilan pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY mengikuti Open Class yang diadakan oleh Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta pada Senin,       16 Desember 2019. Open Class kali ini mengambil tema fotografi dengan mengundang narasumber Darwis Triadi pendiri Darwis Triadi School of Photography.

Pelaksana Tugas Kepala BDK Yogyakarta Chatarina P. Dyah Iswandari menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. “Untuk bapak/ibu Widyaiswara dapat membuat bahan tayang pembelajaran dengan lebih baik lagi setelah mengetahui teknik fotografi dengan benar, kemudian bagi yang bekerja di bidang kehumasan juga saya kira akan sangat bermanfaat sekali supaya dokumentasi ‘asal jepret’ tapi juga memperhatikan kaidah yang ada”, ujarnya. 

Darwis Triadi memperagakan foto studio (foto adisby/ Humas BC Jateng DIY)

Darwis Triadi, nama yang sudah tidak asing di dunia fotografi Indonesia, dalam materinya menyampaikan bahwa fotografi adalah tentang cahaya, bagaimana memainkan cahaya itu sendiri sehingga menghasilkan gambar yang bagus. “Ingat bahwa fotografi ditemukan pada ISO 64 dengan satu sumber cahaya yaitu matahari”, ujar fotografer kawakan yang dipercaya Kementerian Sekretariat Negara untuk mengambil foto resmi Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024.

Sesi open class berlangsung menarik dan interaktif. Selain menerima materi, peserta juga diberi kesempatan untuk praktek langsung.”Saya belajar banyak, Pak Darwis memberi tahu saya bahwa dalam dokumentasi bukan hanya seberapa banyak foto yang diambil tapi juga momen mana yang diambil fotonya”, ujar Adi Subaryadi, salah satu peserta dari Humas BC Jateng DIY.

Adi berfoto bersama Darwis Triadi (foto Humas BC Jateng DIY)

Pelatihan dengan narasumber berkualitas seperti ini diharapkan dapat lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan para fotografer khususnya yang bertugas pada unit kehumasan. Seiring meningkatnya keahlian maka meningkat pula efektivitas penyampaian pesan / informasi melalui foto-foto yang dipublikasi.

Foto bersama para peserta dan panitia (foto Maryadi/BDK Jogja)

Pewarta: ahmad_farid
Editor:@BCjdiy

Comment here