Lain-lainPengawasan

13 Satker Di Lingkungan Bea Cukai Jateng DIY dan Banten Gelar Rekon Keuangan Bersama

Semarang (17/01) – Bea Cukai Jateng DIY menggelar acara Rekon Keuangan atau tepatnya Verifikasi Laporan Keuangan Tingkat UAKPA dan Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA/W Tahun Anggaran 2019 Unaudited, pada Rabu 15 Januari 2020 hingga Jumat 17 Januari 2020. Acara ini tidak hanya diikuti oleh satker di lingkungan Kanwil DJBC Jateng DIY namun juga Kanwil DJBC Banten. Sebanyak 13 Satker tercatat mengikuti kegiatan yang dihadiri nara sumber dari Biro Perencanaan Keuangan Kemenkeu dan Setditjen Bea dan Cukai ini. Ketiga belas satker tersebut terdiri dari Kanwil DJBC Jateng dan DIY, KPPBC Tanjung Emas, KPPBC Semarang, KPPBC Surakarta, KPPBC Kudus, KPPBC Yogyakarta, KPPBC Magelang, KPPBC Tegal, KPPBC Purwokerto, KPPBC Cilapap, Kanwil DJBC Banten, KPPBC Tangerang dan KPPBC Merak.

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, dalam sambutannya berpesan agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan enjoy, senang hati dan have fun, namun pekerjaan tetap terselesaikan. “Silakan nikmati Kota Semarang dengan segala macam jenis wisatanya termasuk kuliner khasnya, namun tetap fokus pada selesainya pekerjaan dengan baik. Saya harap dengan penyelenggaraan kegiatan rekon keuangan ini, dapat menghasilkan output sebuah Laporan Keuangan yang akuntabel dan mendapatkan opini WTP (Wajar tanpa Pengecualian) dari BPK”, pesannya kepada seluruh peserta.

UAKPA (Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran) merupakan unit terkecil penyusun LK (Laporan Keuangan) yang dikepalai oleh KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) pada satker (Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai). Sedangkan UAPPA-W (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Wilayah) adalah unit yang mempunyai fungsi koordinator tingkat wilayah yang akan mengkompilasi laporan UAKPA di wilayahnya.

Kegiatan Verifikasi Laporan Keuangan Tingkat UAKPA bertujuan untuk menyusun LK yang kemudian akan disampaikan kepada UAPPA-W. Adapun kegiatannya meliputi rekonsiliasi data antara satker dengan data unit Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara setempat, dan pengecekan status transaksi dan normalitas akun pada aplikasi e-rekon dan Laporan Keuangan. Kegiatan selanjutnya adalah penyusunan Laporan Keuangan UAPPA-W berdasarkan hasil verifikasi dan penelaahan Buku Besar, Neraca Percobaan, Laporan Perubahan Ekuitas dan Laporan Operasional.

Mengakhiri kegiatan, Kepala Bagian Umum Bea Cukai Jateng DIY, Firsti Masdiani. Menyampaikan apresiasi atas kesuksesan dan keunikan penyelenggaraan acara rekon Laporan Keuangan antar Kanwil ini, “terimakasih kepada panitia atas penyelenggaraan acara rekon Keuangan antar Kanwil ini, dan telah dikemas sedemikian menarik, saya harap kedepannya seluruh acara yang akan diselenggarakan dikemas lebih menarik lagi”, ujarnya.

Dengan acara rekon bareng antar Kanwil ini diharapkan selain dapat menghasilkan kualitas LK yang lebih baik, juga dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar Kanwil sehingga dapat mendorong terciptanya kinerja DJBC yang lebih baik.

Comment here