FasilitasLain-lain

Komwasjak Apresiasi Bea Cukai Dalam Pemberian Fasilitas Fiskal. Akan Lakukan Monev Terus

Yogyakarta (23/01) – Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak) kini diketuai oleh Profesor Mardiasmo yang sebelumnya dipercaya sebagai Wakil Menteri Keuangan di Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Mengawali 2020 ini Mardiasmo bersama tim melakukan roadshow dengan tujuan awal adalah kota Gudeg Yogyakarta dan akan dilanjutkan ke Surakarta. Setelah mendarat di Bandara Adi Sucipto, Jalan Solo KM 9, Maguwoharjo, Yogyakarta, pada Kamis 23 Januari 2020, Mardiasmo langsung mengadakan rapat bersama Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto bersama jajaran, dan Kepala Kanwil Ditjen Pajak DIY, Dionysius Lucas Hendrawan bersama jajaran, di KPPBC Yogyakarta.

(kiri ke kanan) Padmoyo Tri Wikanto, Dionysius Lucas Hendrawan, Mardiasmo (@adisby)

Mardiasmo bersama tim langsung fokus pada maksud dan tujuan kedatangannya. Berbagai permasalahan dibahas khususnya berkenaan dengan optimalisasi tugas dan fungsi Komwasjak, pengamanan dan peningkatan penerimaan Negara, dan peningkatan investasi. Mardiasmo menegaskan bahwa meskipun secara administratif Komwasjak menginduk kepada Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, namun Komwasjak merupakan lembaga independen non-struktural yang berfungsi memberikan rekomendasi atau membantu Menteri Keuangan dalam kebijakan perpajakan. “Pengawasan kami lebih fokus ke hal yang strategis dan substantif seperti peraturan perundang-undangan, kebijakan, sitem, dan prosedur”, tegasnya. Ditambahkannya bahwa Komwasjak bukan hanya fokus di penerimaan perpajakan melalui peningkatan tax ratio, namun juga mendorong peningkatan investasi melalui evaluasi fasilitas-fasilitas fiskal yang diberikan oleh Kementerian Keuangan. Secara umum Mardiasmo juga mengapresiasi Bea Cukai dalam pemberian fasilitas fiscal kepada industry di Jawa Tengah dan DIY yang terus meningkat. “Kami akan memonitoring dan mengevaluasi apakah fasilitas fiskal yang diberikan, contohnya Kawasan Berikat, KITE (Kemudahan Impor untuk Tujuan Ekspor) sudah tepat sasaran dan meningkatkan investasi. Khususnya dalam kunjungan ini adalah Tempat Penimbunan Berikat yang tersebar di daerah Jawa Tengah dan DIY”, sambungnya.

Para peserta rapat berfoto bersama di Kantor Bea Cukai Yogyakarta (@adisby)

Tri Padmoyo menyampaikan dukungan dan kesiapannya dalam membantu tugas-tugas Komwasjak. “Kami menyambut baik kedatangan Tim Komwasjak ini. Kami siap mendukung. Kami juga sudah bersinergi dengan Ditjen Pajak dan siap meningkatkan sinergi dalam optimalisasi penerimaan”, ujarnya. 

Pertemuan juga membahas berkenaan situasi terkini baik di KPPBC Yogyakarta yang akan segera memberikan pelayanan dan pengawasan di New Yogyakarta International Airport, maupun terkait dengan pelayanan dan permasalahan di Kantor Pelayanan Pajak di wilayah Yogyakarta.

Tim saat mealakukan kunjungan ke KPP Pratama Wates (@adisby)

Pewarta: @adisby

Comment here