Lain-lainPelayanan

Bea Cukai Jateng DIY Peduli Korban Banjir Demak

Demak (26/01) – Bea Cukai se-Jateng DIY memberikan bantuan untuk korban banjir di Demak pada Minggu, 26 Januari 2020 di Kelurahan Desa Trimulro, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. Bantuan dengan nilai total sebesar Rp66.785.500 ini merupakan amanah dari seluruh pegawai Bea Cukai di lingkungan Kanwil Jawa Tengah dan DIY. Penyaluran dengan tujuan untuk membantu meringankan beban para korban banjir ini dibagi menjadi 2 yaitu uang tunai besar Rp36.785.500 dan 700 paket sembako senilai Rp.30 Juta.

Banjir sebagai akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan jebolnya tanggul sungai Tuntang pada 9 Januari 2020 lalu ini mengakibatkan masyarakat di satu desa terendam banjir dan tujuh desa terkena imbasnya, yaitu desa Trimulyo, Tlogorejo, Bumiharjo, Turitempel, Ploso, Grogol dan Sidoharjo. Sedangkan jumlah masyarakat yang terdampak banjir mencapai 1387 kepala keluarga. Sebagai aksi Bea Cukai Jateng DIY peduli, Kepala Kanwil BC Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, mengajak jajaran Bea Cukai Jateng DIY untuk bereaksi cepat dan memberikan donasinya. Dalam sambutannya di Semarang, 23 Januari 2020, Tri berterima kasih kepada seluruh jajaran atas partisipasi yang diberikan. Total donasi uang yang diterima sebesar Rp66.785.500.

Bantuan selanjutnya diserahkanterimakan melalui Balai Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, yang diwakili oleh Suprapto, Kepala Seksi Kedaruratan. Bea Cukai Jateng DIY pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Firsti Masdiani yang didampingi oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal Yacobus Agus Wahyudiono. “Semoga segenap masyarakat yang terkena dampak banjir diberikan kebesaran hati dan kebesaran iman dalam menghadapi cobaan ini. Tentunya kami sebagai sesama manusia turut merasakan kesusahan pasca bencana sehingga inilah bentuk kami keluarga besar Bea Cukai Jateng DIY untuk meringankan beban bapak ibu.”ujar Firsti yang lebih akrab disapa Anin ini.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Anggota DPR RI Wakil Ketua Komisi XI Drs. Fathan Subchi, Anggota DPRD Demak Zainul Fatha, dan Kepala Desa Trimulyo Suwandi. Fathan dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kepadulian Bea Cukai. “Bea Cukai adalah mitra dari Komisi XI. Tentunya ini sangat baik dimana ikut concern untuk meringankan beban warga yang terkena dampak banjir.”

Bantuan kemanusiaan ini diserahkan pada tanggal 26 Januari 2020 yang bertepatan dengan peringatan International Customs Day / Hari Kepabeanan International (HPI) ke-68 yang bertema “Customs fostering Sustainability for People, Prosperity and the Planet”. Bea Cukai Jateng DIY juga akan melakukan serangkaian kegiatan dalam peringatan HPI ini. Selain apel khusus juga akan dilaksanakan dialog / ceramah berkaitan dengan lingkungan dengan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, gerakan save energy dan customs plogging.

Comment here