Lain-lain

Semarakkan Hari Pabean Internasional Ke-68, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Ceramah Peduli Lingkungan

Semarang (28/01) – Sebagai bagian dalam rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pabean Internasional ke-68, Bea Cukai Jateng DIY menggelar kegiatan Pembinaan Mental berupa Ceramah Motivasi berkaitan dengan isu lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pada Selasa 28 Januari 2020 ini menghadirkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Sapto Adisugihartono sebagai Narasumber dan diikuti oleh seluruh pegawai Bea Cukai Jateng DIY.

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto berikan Sambutan Ceramah Motivasi

Dalam sambutannya, Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto antara lain  menyampaikan bahwa pada peringatan hari pabean internasional yang ke-68 ini, customs sedunia serentak mengusung tema “Customs Fostering Sustainability for People, Prosperity and the Planet” di tahun ini. Baik secara langsung dan tidak langsung, Bea Cukai diharapkan dapat turut menjaga keberlangsungan dalam kehidupan masyarakat, kesejahteraan dan lingkungan. Seperti yang terjadi di Indonesia sendiri, ketika musim panas mengalami kekeringan, sedangkan saat musim hujan terjadi kebanjiran. Bea Cukai turut andil dalam importasi sarana dan prasarana untuk menanggulangi bencana tersebut. Selain itu juga terdapat isu terkini terkait masifnya bisnis recycle yang tidak menutup kemungkinan akan adanya importasi barang – barang mengandung unsur B3 yang perlu dilakukan pengawasan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang paparkan materi Ceramah Motivasi

Sementara itu Sapto Adisugihartono menyampaikan materi tentang isu global lingkungan masa kini terkait dengan keberlangsungan kehidupan dan lingkungan yakni kembali ke alam (go green) dengan memanfaatkan sumber daya lingkungan dengan bijak dan tidak merusak lingkungan. “Adapun yang dapat kita lakukan antara lain menjaga indeks kualitas lingkungan seperti mengurangi penggunaan AC yang menghasilkan CFC, membuat ruang – ruang terbuka dengan aliran udara yang terjaga dan penghematan dalam penggunaan listrik”, paparnya. Untuk menunjang upaya menjaga keberlangsungan kehidupan lingkungan, Pemerintah Kota Semarang telah menyediakan Bank – bank Sampah untuk menampung sampah – sampah yang kemudian akan diolah kembali, baik untuk keperluan industri, kompos, dan lain sebagainya. Sapto juga menyampaikan bahwa terjaganya keberlangsungan kehidupan lingkungan dimulai dari diri sendiri, reduce – reuse – recycle.

Penyerahan Plakat Oleh Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY

Menutup kegiatan, Tri kembali menyampaikan ajakan agar meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. “Rasa – rasanya sudah saatnya kita back to nature, kembali ke alam, seberapapun alam dapat memberi kita, mari kita manfaatkan sebesar-besarnya, tetapi tetap bijak dalam pemanfaatannya. Kemenktrian Keuangan sudah bergerak kearah sana. Gerakan kepedulian sudah dilakukan. Di Bea Cukai Jateng DIY sudah dilakukan gerakan penghematan kertas dengan Office DJBC, pengurangan penggunaan botol plastik dengan memanfaatkan tumbler, gerakan hemat energy, dll “, pungkas Tri.

Comment here