Lain-lain

Bea Cukai Jateng DIY Gelar Penandatanganan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three, Pakta Integritas dan Komitmen Penerapan Manajemen Risiko

Semarang (29/01) – Seluruh pejabat eselon III di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY melakukan penandatanganan Kontrak Kinerja (KK) Kemenkeu-Three danPakta Integritas pada hari Rabu, 29 Januari 2020 di ruang rapat Kakanwil. Sedangkan pejabat pemilik Risiko yaitu para Kepala KPPBC selain menandatangani KK dan Pakta Integritas juga menandatangani Komitmen Penerapan Manajemen Risiko.Kegiatan penandatangan tersebut antara lain sebagai komitmen untuk menghasilkan output kinerja yang optimal baik kepada internal maupun eksternal.

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto menekankan agar pejabat dalam berkinerja tidak terpaku pada KK saja. “Ini merupakan satu proses sirkulasi yang kita pahami sebagai sebuah komitmen bagaimana kita mewujudkan kinerja kita di tahun 2020 ini. Kemarin saya mendengar langsung dari bu Menkeu bahwa KK ini akan menjadi sebuah konsep pelaksanaan pemerintahan yang lebih efektif dan efisien”, ungkapnya. Meskipun kinerja akan diukur berdasarkan KK namun Tri mengharapkan para pimpinan tidak hanya terpaku pada indikator kinerja yang tercantum dalam KK saja, akan tetapi tetap memberikan inovasi-inovasi guna meningkatan kinerja yang mungkin tidak tercantum dalam KK.

Kabid Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono dalam kesempatan tersebut menyampaikan hasil pembahasan Kantor Pusat Bea Cukai terkait penyelarasan hasil Redesign Anggaran dengan Kinerja, Konsep Peta Strategi Kemenkeu-Wide-One DJBC Tahun 2020 dan Konsep Peta Strategi Kemenkeu Two. Yacobus menjelaskan bahwa ada program anggaran pada kementerian keuangan yang direstrukturisasi. “Pada akhir Desember kemarin, Menkeu menginstruksikan bahwa harus ada redesign sistem penganggaran. Semula ada 12 program berbasis eselonisasi menjadi 5 program berbasis kinerja dimana dari kelima program tersebut 3 diantaranya adalah program milik Bea Cukai”, jelasnya.  Yacobus juga menerangkan bahwa terdapat hal baru pada peta strategi DJBC tahun 2020 dimana setiap sasaran strategis yang tercantum harus memuat besaran anggarannya. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan KK, Pakta Integritas dan Komitmen Penerapan Manajemen Resiko.

Kakanwil bersama pejabat eselon III di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY

Diharapkan dengan adanya penandatanganan KK, para pejabat lebih berkomitmen dalam menjalankan tugasnya dan tanggung jawabnya, sehingga mampu bahkan melampaui target kinerjanya yang ditetapkan. Dengan demikian akan terwujud kinerja organisasi yang optimal. 

Pewarta : @aji

Comment here