Lain-lain

Bea Cukai Jateng DIY Peduli Lingkungan Dengan “Customs Plogging” dan “Hemat Energi”

Semarang (03/02) – Menutup rangkaian kegiatan peringatan Hari Pabean Internasional yang ke-68, Bea Cukai Jateng DIY melaksanakan kegiatan peduli lingkungan berupa Customs Plogging dan Gerakan Hemat Energi, pada Jumat 31 Januari 2020.  Selain untuk menjaga kebugaran dan kekompakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Plogging berasal dari bahasa swedia dan inggris yaitu plocka upp dan jogging. Plocka upp atau dalam bahasa inggris adalah pick up adalah kegiatan memungut atau mengambil yang dalam hal ini adalah sampah. Jadi plogging adalah kegiatan jogging sambil memungut sampah. Customs Plogging merupakan bentuk kegiatan baru Bea Cukai Jateng DIY dalam kepeduliannya terhadap lingkungan. Kegiatan yang mengambil rute dari Kanwil Bea Cukai Jateng DIY hingga Jalan Admodirono kali ini dipimpin langsung oleh Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto. “Customs Plogging adalah bentuk kepedulian bea cukai terhadap kehidupan lingkungan, kita sudah Jogging sambil memungut sampah di sepanjang jalan, dari Kanwil Bea Cukai Jateng DIY hingga Jalan Admodirono. Saya harap kedepannya kita lebih peduli lagi dengan kebersihan lingkungan kehidupan kita, karena Kebersihan adalah sebagian dari hidup kita”, pesan Tri kepada seluruh jajarannya.

Kegiatan Customs Plogging dilanjutkan dengan melakukan pembersihan lingkungan rumah dinas Bea Cukai di Jalan Admodirono, yang kedepannya akan direvitalisasi menjadi asset yang bermanfaat. Pada hari yang sama, Bea Cukai Jateng DIY juga menggelar gerakan hemat energi. Dari pagi hingga pukul 13.00 WIB seluruh penggunaan energi listrik dihentikan, kecuali untuk beberapa unit atau titik tertentu yang sangat membutuhkan terkait kegiatan pengawasan dan pelayanan. Gerakan ini antara lain dengan mematikan seluruh lift, sebagian besar AC, lampu dan peralatan elektronik lainnya.

Dengan seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pabean Internasional ke-68 dengan tema “Customs fostering sustainability for people, prosperity and the planet” ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah nyata Bea Cukai turut andil dalam menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakat, kesejahteraan dan lingkungan.

Comment here