Lain-lain

Bincang Hangat Bea Cukai Jateng DIY Dengan PR. SUKUN

Kudus (07/02) – Tim Kanwil Bea Cukai Jateng DIY bersama Bea Cukai Kudus melakukan kunjungan ke PR. SUKUN di Kudus pada hari Kamis, 06 Februari 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan sinergi yang solid antara Bea Cukai dengan pengguna jasa.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Moch. Arif Setijo Noegroho didampingi oleh Kepala Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo beserta tim bertemu dengan pimpinan PR. SUKUN, Dody Tas’an Wartono. Pada kesempatan tersebut Arif membahas terkait isu-isu terkini khususnya berkaitan dengan industri rokok, peredaran rokok ilegal dan stategi penanganannya. “ Saat ini rokok ilegal lebih banyak beredar di luar pulau Jawa antara lain Sumatera dan Kalimantan meskipun produksinya di Jawa. Untuk memerangi hal tersebut Bea Cukai secara masif terus melakukan tindakan seperti penegakan hukum dan sosialisasi”, jelasnya.

Sementara itu Gatot juga menanyakan kendala-kendala apa yang dihadapi PR. SUKUN dalam usahanya sekaligus mengusulkan agar PR. SUKUN dapat meningkatkan produksinya sehingga dapat mengisi pasar yang selama ini diisi oleh rokok illegal. Menanggapi hal tersebut Dody lantas menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis industry rokok illegal termasuk kendala-kendalanya. Ketika pihak Bea Cukai mengusulkan agar PR. SUKUN juga ikut menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait rokok illegal yang merugikan Negara, Dody menyatakan pendapatnya bahwa hal tersebut dimungkinkan mengingat keberadaan perusahaan rokok yang illegal itu disamping merugikan Negara juga merugikan perusahaan yang legal.

Antara Bea Cukai dan PR. Sukun akhirnya bersepakat untuk meningkatkan koordinasi lebih baik lagi, termasuk dalam program yang sifatnya pembinaan kepada masyarakat tentang keberadaan rokok illegal yang merugikan. Kedua belah pihak akan bersinergi dalam berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Pewarta : @aji

Comment here