Transformasi Kelembagaan

Bintal Daring Tips Enjoy Bekerja dari Rumah

Semarang (23/04) – Bea Cukai Jateng DIY melaksanakan kegiatan pembinaan mental (bintal) bagi seluruh pejabat dan pegawainya melalui media dalam jaringan (daring) dengan aplikasi Zoom Meeting. Cara ini diterapkan mengingat di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini, kita dituntut untuk melaksanakan physical distancing dan work from home (WFH). Bintal yang dilaksanakan pada Kamis, 23 April 2020 ini mengusung tema “Enjoying Work From Home”.

Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Bidang Kepatuhan Internal Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, WFH yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan efektif. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto. Tri memberikan apresiasi kepada seluruh jajarannya yang terus memberikan kinerja terbaiknya di bidang pengawasan dan pelayanan meski ditengah pandemi Covid-19. “Proses bisnis Bea Cukai cukup unik, pelaksanaan pekerjaan sehari-hari menuntut untuk adanya tatap muka yang cukup intensif, dokumentasi juga cukup intensif, maka dengan adanya larangan berkumpul dan lain-lain, kita dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang baik. Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran, dan sampai saat ini belum ada respon yang negatif dari pemangku kepentingan (stakeholder) terkait pelayanan yang kita berikan”, tuturnya.  Tri menambahkan bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 ini dimana physical distancing diutamakan dan penggunaan teknologi informasi yang lebih optimal dalam penyelesaian tugas sehari-hari adalah sebuah proses pembelajaran untuk kita. “Kita saat ini sedang belajar, ini akan melahirkan cara-cara baru / keseimbangan baru dalam kita menjalani hidup, ini jangan sampai menjadikan kita menjadi individualis, harus tetap solid dan terus meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama”, tambahnya.

Adapun Benk Mintosih, GM Star Hotel Semarang selaku narasumber menyampaikan tips bagaimana agar kita bisa menikmati kerja di rumah. “Di tengah pandemi yang saat ini terjadi, kita perlu bersyukur karena ada saudara kita yaitu tenaga medis dimana mereka harus bekerja melawan pandemi ini, memakai alat pelindung diri (APD) selama kurun waktu 5 jam dan tidak bisa melakukan kegiatan apapun selain menangani pasien. Kita jauh lebih beruntung bisa bekerja dan melakukan segala sesuatu dari rumah”, ujarnya. Benk mengajak seluruh pejabat dan pegawai untuk bisa menyesuaikan dalam segala situasi dan kondisi. “Jadilah seperti bunglon yang bisa menyesuaikan dimanapun ia berada, jadilah seperti sterofoam yang mampu mengambang dimana saja tanpa bisa tenggelam, tapi jangan seperti dinosaurus yang punah karena tidak mengerti perkembangan jaman”, ajaknya.

Beberapa tips yang dapat dilakukan ketika sedang melaksanakan WFH diantaranya:

  1. Membuat ruang kerja sendiri di rumah yang nyaman
  2. Sediakan teknologi informasi yang menunjang pelaksanaan tugas
  3. Hindari berbagai macam gangguan
  4. Membuat target pelaksanaan tugas harian
  5. Jaga komunikasi dengan rekan kerja
  6. Istirahat yang cukup dan perhatikan asupan yang bernutrisi

Comment here