Reformasi Birokrasi

Unit Kepatuhan Internal Gandeng Unit Layanan Informasi dan Humas Untuk Tingkatkan Kepuasan Stakeholders

Semarang (28/4) – Hasil Survei Kepuasan Pengguna Jasa (SKPJ) tingkat Kanwil DJBC Jawa Tengah DIY tahun 2019 mencapai nilai 4,29 dari skala 5. Meski telah melampaui target Indikator Kinerja Utama yang ditetapkan yaitu 4,11, Bea Cukai Jateng DIY berkomitmen untuk terus melakukan upaya perbaikan dalam berbagai aspek, tak terkecuali terkait integritas.   Upaya tersebut antara lain dengan kegiatan internalisasi Pelaksanaan SKPJ dan Survei IPI serta Integrity Games melalui sarana video conference yang dilaksanakan pada Selasa, 28 April 2020. 

Internalisasi dengan narasumber Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono ini diikuti oleh seluruh pejabat Unit Kepatuhan Internal (UKI) dan unit yang mengelola layanan informasi, penyuluhan dan hubungan masyarakat di wilayah kerja Kanwil DJBC Jateng DIY. Yacobus mengatakan bahwa responden survei baik SKPJ yang dilakukan oleh Direktorat Kepatuhan Internal Kantor Pusat DJBC dan survei Indeks Penilaian Integritas (IPI) oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia, terdiri dari internal dan eksternal.”Hasil survei yang telah lalu tidak bisa diubah, yang bisa dilakukan oleh kita sekarang adalah perbaikan untuk survei berikutnya. Ada beberapa poin hasil survei yang lalu yang masih harus diperbaiki oleh kita. Itu kita jadikan sebagai early warning system. Namun di sini saya ingatkan bahwa Kakanwil menekankan perbaikan yang fundamental. Adapun hasil survei bukanlah yang utama namun merupakan indikator”, ujarnya.

Unit Layanan Informasi dan Kehumasan mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan informasi dan pemahaman kepada stakeholders tentang hal-hal positif dari Bea Cukai khususnya terkait perbaikan pelayanan dan integritas, termasuk tentang keberhasilan atau capaian dalam berkinerja. Dengan kerja sama yang baik antara unit Kepatuhan Internal dengan unit Layanan Informasi dan Kehumasan, diharapkan upaya perbaikan dapat tercapai lebih optimal.

Dalam internalisasi ini juga dibahas rencana pelaksanaan “Integrity Games” yang merupakan salah satu inisiatif strategis Kanwil DJBC Jateng DIY. Integrity Games merupakan perangkat yang dibuat sebagai tools untuk meningkatkan integritas pejabat / pegawai. Bea Cukai se-Jateng DIY berkomitmen untuk selalu menjaga integritas dalam setiap pelaksanaan tugasnya. Peran serta dari stakeholders pun diharapkan dengan memberikan masukan-masukan perbaikan dan tidak melakukan upaya-upaya yang kontraproduktif dengan penegakan dan peningkatan integritas.

Pewarta: @adisby

Comment here