Transformasi Kelembagaan

Agar WFH Optimal, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Kursus Online

Ilustrasi: Kursus Online saat Work From Home

Semarang (30/4) – Work From Home (WFH) adalah konsep bekerja yang dilakukan dari rumah atau tempat tinggal. Konsep WFH sebenarnya bukan barang baru di Kementerian Keuangan. Ini masih satu konsep dengan rencana implementasi sistem kerja Open Workspace yang memungkinkan pegawai dapat bekerja dimana saja. Implementasi WFH sekarang ini harusnya bisa menjadi uji coba skala besar untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sehingga dalam penerapannya di masa mendatang dapat lebih efektif dan efisien. Saat ini, berbagai upaya ditempuh untuk mengoptimalkan WFH, antara lain dengan kursus online Bahasa Perancis, seperti yang dilakukan Kanwil DJBC Jateng DIY pada Kamis, 30 April 2020. Kursus ini dilakukan melalui Zoom Video Conference dan dapat diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai.

Kabag Umum, Firsti Masdiani

Bagi pegawai Bea Cukai, kursus bahasa Perancis ini sangat penting dimana markas besar World Customs Organization (WCO) berada di Brussels, Belgia yang bahasa mayoritas di kota tersebut adalah bahasa Perancis, demikian dijelaskan Kepala Bagian Umum, Firsti Masdiani saat membuka kursus. “Kursus ini merupakan kegiatan positif untuk mengisi kegiatan selain melakukan tugas rutin di masa WFH. Selama WFH harus tetap produktif dan melakukan kegiatan yang menyenangkan yang tentunya bisa meningkatkan kemampuan di bidang lain seperti kursus bahasa asing”, jelasnya. Bahkan Anin, sapaan akrabnya, menyatakan bahwa Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Kantor Pusat Bea Cukai menyambut baik inisiatif ini. “Kedepannya kami berharap akan ada narasumber atau coach dari kantor pusat atau eksternal yang akan ikut bergabung untuk sharing knowledge. Programnya akan kami bahas dengan kantor pusat dan mudah-mudahan bisa menjadi Learning Centre tingkat nasional”, ujarnya.

Tidak hanya Kursus Bahasa Perancis, Bea Cukai Jateng DIY juga menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris (English Club) yang dilaksanakan setiap hari Selasa, dan IT Club yang diselenggarakan setiap hari Rabu. Model kursus daring saat ini cukup populer karena dinilai efektif dan efisien. Berbagai platform telah bertebaran di internet seperti Ruangguru, Kelas Pintar, Zenius, Udemy, Coursera, edX, dan sebagainya. Fleksibilitas adalah salah satu kelebihannya dimana peserta dapat mengikuti kursus dari mana saja. Narasumber bisa memberikan materi dari mana saja. Peserta pun tetap bisa berinteraksi dengan tutor.

Pewarta: @adisby

Comment here