Reformasi Birokrasi

Optimalkan Tugas Fungsi Duta Transformasi, Bea Cukai Jateng DIY Bentuk Supporting Agents

Salah satu Change Agents Duta Transformasi, Kepala Bagian Umum Firsti Masdiani (dok. Humas BC Jateng DIY)

Semarang (8/5) – Bea Cukai Jawa Tengah DIY mengadakan rapat perdana Tim Supporting Agents untuk Duta Transformasi Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (RBTK) Kementerian Keuangan pada Jumat, 8 Mei 2020. Duta Transformasi Kemenkeu bertugas melaksanakan inisiatif strategis dalam rangka Program RBTK untuk mewujudkan visi baru Kementerian Keuangan yaitu “Menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan di abad ke-21”. Di Kanwil BC Jateng DIY telah ditunjuk duta transformasi yaitu:

  1. Tiga Change Agents yang terdiri dari Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, dan Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai;
  2. Tiga Lighthouse Team yang terdiri dari Kepala Seksi Bantuan Hukum, Kepala Seksi Intelijen, dan Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Humas.

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono menyatakan bahwa kegiatan duta transformasi ini banyak dilaksanakan di tingkat lapangan sehingga dukungan dari pelaksana sangat penting. Untuk itulah dibentuk Supporting Agents yang terdiri dari tiga belas pegawai pelaksana. Dengan terpilihnya tiga belas Supporting Agents ini diharapkan pelaksanaan inisiatif strategis dalam rangka program RBTK dapat terlaksana dengan kerja sama yang baik dan dalam koridor yang tepat. “Salah satu koridor yang jadi acuan kita untuk melaksanakan kegiatan Duta Transformasi adalah Berita Aktual Transformasi (Beraksi) bulanan yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan”, ujar Yacobus.

Berita Aktual Transformasi Edisi April 2020

Sementara itu Kepala Bagian Umum, Firsti Masdiani, mengatakan bahwa sosialisasi dan internalisasi merupakan salah satu kegiatan dalam pelaksanaan inisiatif strategis, sehingga  diperlukan team collaboration yang  secara creative mengemas acara tersebut menjadi smart and fun. “Kegiatan kreatif yang berhasil diinisiasi oleh Kanwil BC Jateng DIY adalah tiga kursus online yang telah dilaksanakan yaitu English Club, French Club, dan Information Technology Club. Kegiatan ini diapresiasi oleh Kantor Pusat DJBC dan bahkan pegawai-pegawai di luar kantor kita banyak yang akan bergabung”, ungkapnya.

#berubahbutuhnyali #transformasikelembagaan

Baca juga : Agar WFH Optimal, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Kursus Online

Comment here