Reformasi Birokrasi

Sukseskan WBBM, Tri Wikanto Minta Satker Tingkatkan Sinergi Dengan Pemangku Kepentingan

Kasi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pengawasan, Florentina Yunita, mengikuti pembekalan WBBM

Semarang (11/05) – Dalam rangka mesnyukseskan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), pada hari Jumat, 08 Mei 2020, Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto didampingi oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal Yacobus Agus Wahyudiono memberikan pengarahan dan pembekalan kepada KPPBC peserta WBBM yakni KPPBC Kudus, Cilacap, Purwokerto dan Tegal secara daring menggunakan aplikasi zoom. Pengarahan dan pembekalan ini bertujuan agar para KPPBC dapat meningkatkan nilai dan mempersiapkan diri untuk penilaian tahap selanjutnya.

Tri menyampaikan pengalamannya dalam mengimplementasikan program WBK / WBBM ini di kantor sebelumnya. “Catatan dari beberapa pengalaman implementasi WBK dan WBBM yang harus disadari oleh seluruh jajaran adalah bahwa program ini bukan hanya program kantor masing-masing, ini program seluruh pemangku kepentingan. Jadi saya akan mengingatkan kembali bahwa gaung WBK WBBM tidak hanya untuk internal kantor masing-masing, gaung ini harus diblasting sampai dengan pemangku kepentingan, tidak saja kantor tetapi sekarang wilayah dan nasional”, ujarnya.

Kakanwil BC Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto memberikan pengarahan secara daring

Tri juga berpesan kepada seluruh jajarannya untuk bersinergi dengan instansi dan aparat setempat dalam menyukseskan program ini. “Bupati, Sekda, Kabupaten, Kota dan instansi setempat. Nah ini yang harus kita rangkul dan kita samakan langkahnya. Setiap daerah punya ciri khas tertentu. Angkat ciri khas itu dan kemas bagaimana peran Bea dan Cukai berpengaruh didalamnya”, pesannya.

Baca juga: Unit Kepatuhan Internal Ajak Humas Tingkatkan Hasil Survei

Dalam forum ini Yacobus juga mepaparkan terkait progress pembangunan ZI menuju WBBM di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Sebelumnya telah dilaksanakan penilaian WBBM pada bulan April 2020 oleh Tim Penilai Unit Eselon I. Penilaian dilakukan kepada 3 KPPBC di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY yakni KPPBC Kudus, Cilacap dan Purwokerto dengan total perolehan nilai yaitu KPPBC Kudus 95,37, KPPBC Cilacap 97,17 dan KPPBC Purwokerto 93,60.

Dengan adanya pengarahan dan pembekalan ini diharapkan KPPBC dapat menentukan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghadapi penilaian tahap selanjutnya, sehingga kedepannya dapat lolos dan mendapatkan predikat WBBM.

pewarta: @bagusaji

Comment here