Transformasi Kelembagaan

Sambil Menyelam Minum Air, Bea Cukai Jateng DIY English Club Ikuti Sharing Informasi Narkoba Dalam Bahasa Inggris

Kepala Subdirektorat Narkotika , Tery Zakiar Muslim

Semarang (12/5) – Sambil menyelam minum air, mungkin peribahasa ini tepat untuk menggambarkan kegiatan yang dilakukan peserta English Club Bea Cukai Jateng DIY yang dilakukan pada hari Selasa, 12 Mei 2020, yaitu belajar bahasa inggris dengan mengikuti pemaparan materi tentang Narkoba, yang dipaparkan dalam bahasa inggris. Sejatinya komunitas ini dibentuk untuk mengoptimalkan Work From Home (WFH) para pejabat dan pegawai Bea Cukai Kanwil DJBC Jateng DIY, dengan mengadakan kursus bahasa inggris secara online. Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas pegawai dalam menguasai salah satu bahasa internasional ini.

Kali ini para anggota English Club tidak belajar materi rutin seperti sebelumnya. Kepala Subdirektorat Narkotika Direktorat Penindakan dan Penyidikan (P2), Tery Zakiar Muslim dihadirkan khusus untuk menjadi narasumber bersama Ruru Firza Isnandar, Kepala Seksi Intelijen Subdit Narkotika. Tery menyampaikan apresiasi yang disampaikan Direktur P2 atas inovasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan Bea Cukai Jateng DIY. “Our Director, Mr. Wijayanta (Direktur P2 Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta-Red) really appreciates this new type of sharing and learning”, ujarnya sebelum memulai pemaparan. Selanjutnya, Tery dan Ruru memberikan update mengenai kondisi terkini pemberantasan narkoba di Indonesia. Materi tersebut antara lain meliputi titik rawan masuk (entry point) utama narkoba ke Indonesia, Saat ini hampir seluruh pulau dapat dijangkau dan digunakan sebagai pintu masuk para penyelundup. Beberapa diantaranya adalah titik-titik di pulau Sumatera dan Kalimantan. Sementara untuk titik distribusi (distribution point) utama antara lain meliputi Jawa, Sumatera dan Sulewesi. Meski demikian, seluruh daerah menjadi atensi unit petugas Bea Cukai dan instansi terkait lainnya.

Baca juga: Bea Cukai Adakan Kursus Online

Baca juga: I.T. Club, sebuah metode baru

Kursus online Bahasa Inggris merupakan satu dari tiga kursus online yang sedang digiatkan oleh Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Selain English Club, Bea Cukai Jateng DIY juga mengadakan French Club dan Information Technology Club. Dengan metode learning dan sharing seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pegawai dalam penggunaan bahasa inggris, sekaligus meningkatkan pengetahuan tentang materi yang diberikan.

Pewarta: @adisby

Comment here