Transformasi Kelembagaan

Peringati Hari Lahir Pancasila dengan “Kenali, Cintai dan Berprestasi”

Semarang (2/6/2020) – Pada tanggal 1 Juni 2020 kemarin, Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila yang ke-75. Selain ikut serta dalam upacara peringatan secara online, Bea Cukai juga menyelenggarakan sosialisasi dengan topik “Memahami Kembali Lahirnya Pancasila” yang dilaksanakan pada Selasa, 2 Juni 2020, melalui Video Conference. Acara yang diikuti hampir 400 pegawai Bea Cukai se Indonesia ini menghadirkan narasumber muda dan terkenal, Anastasia Praditha.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Sulawesi Barat, Imik Eko Putro dengan mengingatkan kembali tentang persatuan. “Pancasila adalah pedoman hidup dalam kehidupan bernegara masyarakat Indonesia, sebagai pemersatu keberagaman Indonesia. Bagi ASN Bea Cukai, Pancasila adalah modal awal ASN untuk mengabdi kepada negeri”, ujar Imik.

Selanjutnya, Anastasia Praditha atau Ditha yang merupakan Puteri Indonesia Intelegensia 2019 mewakili Provinsi Banten ini menyampaikan bahwa dimanapun kita berada, Pancasila tetaplah menjadi pribadi bangsa, Pancasila is me. Pancasila sebagai pribadi bangsa berperan penting dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini, karena dengan Pancasila, dapat menggerakkan hati masyarakat Indonesia untuk bersatu, bergotong-royong menghadapi pandemi Covid19.

Ditha juga mengungkapkan caranya dalam memahami kembali lahirnya Pancasila, yakni dengan Kenali, Cintai dan Berprestasi. Manfaatkan waktu ditengah pandemi seperti ini untuk memahami sejarah Pancasila kembali, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Kemudian setelah mengenal apa itu Pancasila, mulailah tanamkan kecintaan terhadap Pancasila dengan mengamalkan nilai-nilainya dikehidupan sehari-hari. Yang terakhir adalah berprestasi, yakni lakukanlah segala sesuatu yang baik untuk negeri ini dengan semaksimal mungkin, seperti misalnya ASN Bea Cukai dimana pun berada menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Comment here