Lain-lain

Sudah Siap Travelling Setelah Pandemi? Ini Tipsnya

Semarang (05/06) – Pandemi Covid-19 mempersempit ruang gerak seluruh manusia di penjuru dunia. Banyak negara dan daerah yang membatasi akses keluar masuk pengunjung. Demikian juga rute penerbangan banyak yang ditutup sehingga rencana liburan pun harus dibatalkan. Untuk merencanakan liburan setelah pandemi, Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL) Kantor Pusat Bea Cukai mengadakan Sosialisasi dengan tema “Setelah Corona, Traveling kemana?” melalui Zoom Video Conference pada Kamis, 4 Juni 2020 yang diikuti lebih dari 800 pegawai Bea Cukai di seluruh Indonesia.

Direktur KIAL, R.Syarif Hidayat, membuka acara dengan berbagi pengalaman dirinya yang juga anggota Backpackers Indonesia. “Saya juga suka travelling ke luar negeri untuk mencari pengalaman dengan metode backpacking. Di sini saya juga mengingatkan bahwa kita ini pegawai negeri yang terikat ketentuan bepergian ke luar negeri. Untuk itu, sebelum bepergian hendaknya kita mengajukan izin dulu ke Kementerian Keuangan. Apalagi saat ini mudah cukup melalui Naskah Dinas Elektronik” jelasnya.

Narasumber kali ini adalah seorang traveler muda yang juga pegawai bea cukai KPU Tanjung Priok, Irfan Nur Ilman. “Karena pandemi ini, banyak rencana travelling saya yang dibatalkan. Tidak apa-apa, justru momen ini kita pergunakan untuk mempersiapkan rencana perjalanan lebih baik dan tentunya budget perjalanan bisa kita siapkan”, ujar Irfan mengawali pembicaraan. Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan travelling yaitu smart itinerary, smart budgeting, dan smart packing. “Rencana perjalanan atau itinerary yang baik akan menghemat budget kita. Fokus pada landmarks terlebih dahulu, baru kuliner yang khas”, sambungnya.

Irfan Nur Ilman, pegawai muda KPU BC Priok sekaligus penghobi travelling

Budget yang besar biasanya timbul dari biaya transportasi dan penginapan. Berikut ini beberapa tips dari Irfan untuk menekan biaya.

Tips mendapatkan tiket pesawat yang murah:

  1. Mencari promo dari website resmi maskapai dan agen perjalanan online;
  2. Membeli tiket saat “Travel Fair”;dan
  3. Memakai poin dan diskon kartu kredit.

Tips memilih penginapan murah melalui website:

  1. Air BNB
  2. Agoda Homes
  3. Expedia
  4. Booking.com
  5. Hostelworld

Baca juga:

Tips kelola keuangan di masa pandemi

Smart packing merupakan hal yang banyak tidak diperhitungkan oleh traveller pemula. “Banyak yang keasyikan belanja sehingga saat perjalanan pulang harus membayar biaya ekstra bagasi yang tidak murah. Membawa pakaian sebaiknya seperlunya saja. Ada trik-trik khusus seperti memakai pakaian dalam sekali pakai (disposable)”, pesan Irfan yang selanjutnya membuka kesempatan bagi para traveller yang ingin bertanya melalui akun media sosial instagramnya di @ifanishere. “Satu lagi, kalau budget dan packing terbatas maka jangan takut katakan tidak untuk oleh-oleh”, pungkas Irfan.

Pewarta:@adisby

Comment here