Pelayanan

Arahan Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY Hadapi Era New Normal

Semarang (8/6) – Menyongsong era new normal, Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto memberikan arahan kepada seluruh Pejabat Administrator termasuk Kepala Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY secara daring pada hari Jumat, 5 Juni 2020.

Tri mengatakan bahwa dalam menghadapi New Normal dan adaptasi kebiasaan baru, seluruh Bea Cukai di Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta harus kompak dalam menyikapinya. “Berkaitan dengan Surat Edaran (SE) Sekretaris Direktorat Jenderal terkait new normal dan adaptasi kebiasaan baru, saya mau kita seragam dan serempak untuk menyikapinya seperti sama halnya kita seragam dan serempak menyikapi masalah sebelum pandemi dan selama pandemi”, ujarnya.

Padmoyo Tri Wikanto

Kementerian Keuangan sudah mengeluarkan kebijakan terkait sistem kerja pegawai pada masa transisi new normal dengan diterbitkannya SE-22/MK.1/2020 tentang Sistem Kerja Kementerian Keuangan Pada Masa Transisi dalam Tatanan Normal Baru. Aturan tersebut bertujuan untuk memberikan panduan bagi pegawai, pengelola kepegawaian dan pimpinan unit di lingkungan Kemenkeu dalam melaksanakan adaptasi perubahan pola hidup dan sistem kerja yang produktif dan aman dari Covid-19. Dalam peraturan tersebut diatur juga terkait panduan umum, panduan pelaksanaan Work From Office (WFO), Flexible Working Space (FWS) dengan mekanisme Work From Home (WFH), panduan presensi dan pelaporan tugas, peningkatan TIK, panduan beribadah di tempat umum dan panduan lainnya.

Untuk panduan umum seperti physical distancing, kebersihan, cuci tangan, masker dan hal-hal yang berkaitan dengan tindakan pencegahan pandemi, Tri memberikan fleksibilitas kepada para pimpinan unit untuk berinovasi sendiri selama panduan tersebut tidak bertentangan dengan aturan. “Saya tidak akan membuat suatu aturan yang baku jadi silahkan masing-masing satker bikin inovasi yang baik misalnya leaflet atau banner atau hal-hal yang mengajak pegawai atau pejabat untuk menghadapi new normal”, pungkasnya.

Kepala Bagian Umum, Firsti Masdiani menjelaskan bahwa Kanwil Bea Cukai sudah melakukan inovasi-inovasi untuk mengajak para pegawai mengadapi new normal. “Menindaklanjuti terkait new normal kami melalui teman-teman dari tim humas sudah membuat infografis di media sosial terkait apa saja yang diperlukan oleh para pegawai khususnya pegawai yang akan bekerja di kantor. Kami dari Bagian Umum juga sudah menyiapkan nota dinas yang berisi rincian bagaimana cara memasuki kantor mulai dari tempat parkir sudah kami siapkan tempat cuci tangan, handsanitizer, pengukur suhu, kemudian di dalam lift maksimal 3 orang dan sudah kami sediakan titik-titik poin seandainya kita akan memasuki lift atau mengantri”, jelasnya.

Firsti Masdiani

Dengan adanya arahan ini diharapkan seluruh pegawai Bea Cukai se-Jateng DIY dapat seragam dan serempak dalam menyikapi dan menghadapi era new normal ini sehingga kedepannya dalam bekerja dapat melaksanakan adaptasi perubahan pola hidup dan menciptakan sistem kerja yang produktif dan aman dari COVID19.

Pewarta: @bagusaji

Comment here