Lain-lain

Ciptakan Imun Kuat, Pegawai Bea Cukai Siap Terapkan Gaya Hidup Sehat

Semarang (9/6) – Menjaga kesehatan adalah investasi. Usia sehat yang panjang merupakan aset yang menjadikan kita produktif bahkan di hari tua nanti. Dalam rangka meningkatkan pemahaman pegawainya tentang pentingnya kesehatan, maka DJBC melalui Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, mengadakan Sosialisasi bertajuk “Gaya Hidup Sehat” pada Selasa, 9 Juni 2020, melalui sarana video conference. Acara ini diikuti oleh 700-an perwakilan pegawai Bea Cukai di seluruh Indonesia.

Dokter Maya, bawah kiri

Narasumber pertama di acara ini adalah dokter Maya Cynthia L.M., Pejabat Fungsional Dokter di Sekretariat DJBC, Kantor Pusat Bea Cukai. “Di era new normal selain harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, gaya hidup sehat juga sebaiknya mulai diterapkan agar menghasilkan sistem imun yang baik”, ujar dokter yang sudah bergabung bersama Bea Cukai sejak tahun 1991 ini. Dokter Maya membagi beberapa tips kesehatan yaitu:

  1. Hanya keluar rumah jika ada kepentingan;
  2. Minum air mineral minimal delapan gelas (kira-kira 250ml) per hari;
  3. Makan sayur dan buah;
  4. Berolahraga secara rutin;
  5. Istirahat yang cukup, kira-kira 7-8 jam per hari;
  6. Minum vitamin dan obat teratur jika ada; dan
  7. Konsultasi kepada dokter jika ada keluhan

Selanjutnya acara diisi oleh narasumber kedua yaitu seorang model yang juga Juara I Kompetisi L-Men of The Year 2019, Radityo Wahyu Senoputro. Radityo membagikan banyak tips khususnya dalam berolahraga yang efektif untuk pembentukan badan yang sehat dan proporsional. “Satu hal yang belum banyak orang lakukan adalah menghitung kalori harian yang kita keluarkan jika tidak berolahraga sama sekali. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengatur pola makan dan pola olahraga yang efektif karena masing-masing orang berbeda.” ujarnya.

Radityo Wahyu Senoputro

Menghitung kalori harian dapat dilakukan secara mandiri melalui berbagai situs kalkulator kalori harian online seperti tdeecalculator.net dengan menginput data tubuh kita masing-masing. Setelah mengetahui pengeluaran kalori harian, kita dapat menghitung asupan makanan dan pola olahraga harian. Menghitung asupan dan pola olahraga ini dapat dilakukan secara mandiri, memakai aplikasi dawai, maupun menggunakan jasa pelatih yang sekarang sudah banyak menawarkan secara daring.

Radityo mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat berolahraga. “Jika saya latihan di gym umum, saya akan tetap memakai masker, sarung tangan, dan tidak akan menyentuh wajah. Selain itu kita juga harus peduli dengan membersihkan alat yang sudah kita pakai dengan cairan desinfektan yang saat ini sudah menjadi kewajiban di setiap fasilitas olahraga umum” tutupnya.

Pewarta: @adisby

Comment here