Lain-lain

Pentingnya Mengenali Diri Sendiri Untuk Perbaikan Karakter dan Kinerja

Semarang (11/06) – Memasuki era new normal, pegawai Bea Cukai Jateng DIY terus meningkatkan produktivitas dan kompetensi diri dengan mengikuti kegiatan sosialisasi parade yang diadakan oleh Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL) secara daring. Tema yang diangkat pada sosialisasi hari Rabu, 10 Juni 2020 kali ini adalah “Confidence: Be Yourself”, dengan narasumber seorang aktris dan presenter kondang asal Jakarta , Putri Ayudya.

Dalam sosialisasi tersebut Putri menjelaskan bahwa seseorang perlu mengenali diri dan potensi yang dimiliki demi kehidupan yang lebih baik. “ Kita perlu mengenali diri sendiri dan potensi yang dimiliki untuk kehidupan yang lebih baik. Kenal boleh dengan siapa saja namun berteman memang harus pilih-pilih, maksudnya pilih yang satu ritme gitu demi kebaikan bersama”, jelasnya.

Selanjutnya Putri menjelaskan tentang “Jendela Johari” termasuk area-area yang terdapat di dalamnya. Jendela Johari adalah sebuah teknik yang diciptakan pada tahun 1955 oleh dua orang psikolog Amerika, Joseph Luft dan Harrington Ingham, yang berfungsi membantu orang untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik, dari sudut pandang diri sendiri dan sudut pandang orang lain. Ada 4 area dalam Jendela Johari yaitu open self, blind self, hidden self dan unknown self. Pada area open self mengandung hal-hal pribadi seorang individu yang sama-sama diketahui baik oleh individu itu sendiri maupun orang lain, area blind self mengandung hal-hal yang tidak diketahui oleh individu namun diketahui oleh orang lain, hidden self mengandung hal-hal yang diketahui oleh seorang individu namun tidak diketahui oleh orang lain dan unknow self mengandung hal-hal yang sama-sama tidak diketahui baik oleh seorang individu maupun oleh orang lain.

Putri mengajak setiap pribadi untuk mengenali dirinya sendiri, baik itu potensi, kelebihan maupun kekurangannya untuk kemudian melakukan perbaikan atas kekurangan dan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki. Dengan mengenali diri dan mengetahui potensi yang dimiliki oleh masing-masing pegawai diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas para pegawai Bea Cukai. Juga dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas dalam bekerja sehingga terbentuk suatu lingkungan kinerja yang kondusif dan optimal.

Pewarta : @aji

Comment here