Penerimaan

Di Tengah Kondisi Sulit Akibat Pendemi Covid-19, Hingga Mei Bea Cukai Jateng DIY Setor Rp15,79 T

Semarang (11/06) – Terhitung sampai dengan 31 Mei 2020, Bea Cukai Jateng DIY telah berhasil mengumpulkan penerimaan negara sebesar Rp15,79 Triliun (35,59%) dari target sebesar Rp44,36 Triliun. Hal ini teruangkap saat acara Dialog Kinerja Organisasi yang membahas realisasi capaian penerimaan negara dan isu terkini lainnya yang diadakan Kanwil DJBC Jateng DIY dan seluruh Satker di bawahnya melalui video konferensi, pada Kamis 11 Juni 2020.

Dibandingkan dengan capaian pada tahun lalu, capaian penerimaan per 31 Mei 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 16,39% atau naik sebesar Rp2,22 T. Penerimaan disektor Bea Masuk hanya diperoleh sebesar Rp609 Miliar dari targetnya Rp876 Miliar. Lalu pada penerimaan disektor Bea Keluar diperoleh Rp25,9 Miliar dari targetnya Rp30,9 Miliar. Sedangkan pada penerimaan disektor Cukai sebesar Rp15,15 Triliun dari target Rp 14,96 Triliun atau melebihi target.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, mengungkapkan bahwa capaian penerimaan secara keseluruhan per 31 Mei 2020 hampir mencapai target trajectory bulan Mei (99,49%). Hal itu dirasa cukup baik menimbang situasi perekonomian negara yang sedang bergejolak karena adanya pandemi COVID19. Namun, dengan dimulainya fase New Normal, diharapkan perekonomian dapat segera pulih, dan tentunya menjadi momentum bagi Bea Cukai untuk semakin bekerja keras mencapai target penerimaan.

Kabid Kepabeanan dan Cukai, Nur Rusyidi, menyampaikan bahwa penerimaan disektor pabean (Bea Masuk dan Keluar) belum dapat mencapai target karena masih lesunya impor ekspor. Hal itu terjadi karena menurunnya kegiatan impor ekspor beberapa komoditi, dan juga adanya pembatasan diluar negeri maupun dalam negeri sehingga logistic pun terhambat. Sedangkan disektor Cukai, penerimaan mengalami beberapa anomali, seperti turunnya produksi rokok golongan I diikuti peningkatan produksi rokok golongan 2, dan terjadinya peningkatan drastis penerimaan cukai pada beberapa satker Bea Cukai (penerimaan melibihi 100%).

Konsep : Khafidh

Comment here