Transformasi Kelembagaan

Tingkatkan Kompetensi Kehumasan, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Pelatihan Jurnalistik

Semarang (17/6) – Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah D.I.Yogyakarta mengadakan “Pelatihan Penulisan Jurnalistik” melalui sarana video conference pada Rabu, 17 Juni 2020. Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 80 pegawai dari sepuluh satuan kerja di lingkungan Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Amin Tri Sobri dalam sambutannya mengajak para peserta untuk berlomba-lomba memproduksi informasi khususnya artikel. “Sudah menjadi bagian dari kewajiban kita untuk memberikan informasi yang update kepada masyarakat. Saat ini Kanwil (Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah D.I.Yogyakarta-Red) selalu lead dalam produksi artikel, saya harapkan kantor-kantor lain segera mengejar”, jelasnya kepada peserta yang tidak hanya pegawai kehumasan dan penyuluhan layanan informasi namun juga para pegawai dari unit lain.

Hadir sebagai narasumber adalah Iswidodo, wartawan senior yang kini menjadi news manager media massa Tribun Jateng. Iswidodo memberikan berbagai tips menarik dalam penulisan berita agar memenuhi standar artikel jurnalistik yang layak dipublikasikan, yaitu memiliki news value. Di antara nilai-nilai berita yang bisa menarik pembaca adalah pemilihan angle of view atau sudut pandang yang baik. “Contohnya, jika terjadi serah terima jabatan di instansi Bea Cukai, tentu topik ini biasanya hanya dibaca oleh kalangan internal. Namun jika kita mengambil sudut pandang lain, misalnya ternyata pejabat yang baru diangkat ini memiliki prestasi akademis yang luar biasa seperti selalu mendapatkan beasiswa dari S1 sampai Doktor, ini angle yang menarik”, jelasnya.

Dengan pelatihan jurnalistik ini, diharapkan produksi artikel berita dari satuan kerja di lingkungan Bea Cukai Jawa Tengah DIY dapat meningkat, baik dari sisi kuantitas maupun  kualitas. Artikel tidak harus berasal dari para pegawai yang sedang ditugaskan di unit kehumasan atau penyuluhan layanan informasi tetapi dapat dari pegawai lain yang berminat menyumbangkan tulisannya.

Comment here