Reformasi Birokrasi

KUNJUNGAN KEMENKEU JAWA TENGAH KE KODAM IV/ DIPONEGORO

Semarang (9/7) – Dalam rangka penguatan sinergi antar instansi di provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Kementerian Keuangan melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando Daerah Militer (Kodam) IV Diponegoro, Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang pada Kamis, 9 juli 2020. Rombongan yang terdiri dari Kakanwil BC Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Jateng Sulaimansyah, dan Kakanwil Ditjen Kekayaan Negara Mahmudsyah beserta jajaran disambut langsung oleh Panglima Kodam Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari.

Diskusi Perwakilan Kemenkeu Jateng bersama Panglima Kodam IV/ Diponegoro

Bakti Agus Fadjari yang mengemban amanat sebagai Panglima Kodam IV/Diponegoro sejak 18 Juni 2020 tersebut menyambut baik kunjungan tersebut. “Harusnya saya yang mengunjungi bapak-bapak karena baru (manjabat sebagai Panglima Kodam-Red) di sini. Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, semoga dengan ini komunikasi kita lebih lancar terutama untuk menjaga aset negara dan mengawal penerimaan negara” sambut lulusan Akademi Militer tahun 1987 kelahiran Purwokerto tersebut. Setelah saling berkenalan, kedua pihak menjelaskan tugas fungsi (tusi) masing-masing instansi dan proyeksi bidang tusi yang beririsan dan dapat dilakukan sinergi.

Bakti Agus (kiri) berbincang dengan Tri Wikanto

Bea Cukai Jateng DIY sebagai inisiator acara ini telah dan terus bekerja sama dengan Kodam IV dalam penegakan hukum kepabeanan dan cukai. Beberapa kali tim Bea Cukai dibackup oleh tim Polisi Militer DAM (Pomdam) IV Diponegoro pada saat melakukan operasi penindakan. Tri Wikanto mengharapkan kerja sama ini terus diperkuat, apalagi saat ini Bea Cukai tengah menggelar operasi Gempur Rokok Ilegal. “Penindakan terhadap peredaran rokok ilegal membutuhkan dukungan dari aparat terkait, salah satunya dari Kodam IV yang sudah berkali-kali membantu kita. Kami jajaran Bea Cukai berharap sinergi ini dapat diteruskan dan diperkuat” harap Tri Wikanto yang disambut baik oleh Bakti Agus.

Diharapkan pertemuan ini dapat memperkuat sinergi antar instansi di provinsi Jawa Tengah terutama Kemenkeu dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tidak hanya kerja sama di bidang penegakan hukum, belanja dan pengelolaan aset negara juga diharapkan bisa lebih efektif.

Pewarta: @adisby

Comment here