Transformasi Kelembagaan

Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Berjuang Mencintai Negeri Untuk Indonesia Maju

Semarang (18/8) – Kepala Kantor Wilayah BC Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto menghadiri upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan No.9, Semarang. Upacara pada Senin 17 Agustus 2020 ini melibatkan peserta yang sangat terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertindak sebagai inspektur upacara.

Ganjar Pranowo (kanan) menyilakan veteran tentara Padmo Darsono ke atas mimbar upacara

Pada saat menyampaikan amanat inspektur upacara, Ganjar menyuguhkan sesuatu yang tidak biasa. Di mimbar yang biasanya dikhususkan untuk inspektur upacara, Ganjar menghadirkan Padmo Darsono, veteran tentara berusia 70 tahun lebih yang Ganjar temui ketika berkunjung ke Dusun Girpasang, Kemalang, Kabupaten Klaten. Di rumah Padmo yang berada lereng Gunung Merapi tersebut Ganjar mendapat nasihat dari Padmo “Urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandheg senajan dengkul wis ndhredheg” demikian Ganjar mengulangi pesan yang dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan “Hidup itu walaupun berat tetap harus dijalani. Jangan mengadu dan jangan mengeluh. Jangan berhenti walaupun lutut sudah gemetar”. Nasihat tersebut sangat relevan dengan kondisi di Indonesia saat ini dimana seluruh pihak sedang diuji dengan pandemi Covid-19. Suatu kondisi yang membutuhkan pengorbanan di berbagai sendi kehidupan, pengorbanan akan kepentingan pribadi demi kepentingan umum. “Ini saatnya kita menengok sanubari untuk menakar seberapa besar kadar cinta kita terhadap negeri”, pesan Ganjar kepada seluruh peserta dan undangan upacara.

Pesan Menteri Keuangan

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan refleksi kemerdekaan RI ke-75

Pada siang harinya, Tri Wikanto juga mengikuti acara Syukuran Peringatan HUT Kemerdekaan RI-75 yang diadakan oleh Kementerian Keuangan melalui video conference. Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati hadir langsung sebagai pembicara. “Di dalam hati dan jiwa kita harus terus dipelihara suara dan panggilan dari para pejuang yang telah melahirkan bangsa dan negara Republik Indonesia. Panggilan mereka kepada generasi sesudah mereka bahwa kita semuanya harus terus berjuang dan memberi. Berjuang itu artinya memberi lebih banyak daripada menerima”, pesan Sri Mulyani secara langsung kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan yang juga mengikuti acara dari live Youtube.

Padmoyo Tri Wikanto (dua dari kanan) mengikuti upacara

Dalam refleksi 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, jajaran Kementerian Keuangan diberikan tugas untuk mengawal pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi. Dengan semangat “Bangkit bersama, Pulihkan Ekonomi”, diharapkan seluruh jajaran dapat berkontribusi dengan maksimal demi cita-cita yang menjadi tema besar peringatan kemerdekaan tahun ini yaitu “Indonesia Maju”

Pewarta: @adisby

Comment here