Uncategorized

Dirjen BC Minta Jajaran di Daerah Tingkatkan Sinergi dengan Polri

Semarang (24/08) – Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi meminta kepada seluruh jajarannya di daerah agar meningkatkan sinergi dengan POLRI. Hal tersebut disampaikannya pada acara “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Peningkatan Sinergi Tugas Operasional dan Sumber Daya dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi” bersama Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Republik Indonesia (Baharkam Polri), yang dilaksanakan di Kantor Pusat DJBC, Rawamangun Jakarta Timur serta secara live video conference pada Senin, 24 Agustus 2020.

Heru menyebut bahwa sinergi menjadi kunci agar dapat berkolaborasi dalam pencegahan dan pemberantasan tindak kejahatan. Salah satu cara yang digunakan pelaku kejahatan untuk memuluskan aksinya adalah “berkolaborasi” bersama pelaku kejahatan lain atau acap disebut dengan “bersindikat”. Sindikat kejahatan dilakukan oleh beberapa pihak yang memiliki tugas masing-masing sesuai dengan keahliannya. Mereka bertindak tanpa memperhatikan latar belakang masing-masing dan fokus kepada tujuan, agar masing-masing mendapatkan keuntungan dari rangkaian kejahatan tersebut. “Untuk meng-counter sindikat, kita aparat penegak hukum harus berkolaborasi dalam sinergi”, tegas Heru.

Dirjen Bea Cukai mencontohkan langsung wujud nyata sinergi dengan menandatangani perjanjian bersama Kepala Baharkam Komisaris Jenderal (Pol.) Agus Andrianto. Heru menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar meningkatkan sinergi dengan jajaran Polri. “Silakan adakan kunjungan kerja. Saya lihat beberapa daerah sudah melaksanakan kunjungan kerja, itu bagus. Karena yang penting ‘hati’ dulu, baru setelah itu (membahas masalah) teknis”, pesannya.

Bea Cukai Jateng DIY Jalin Komunikasi dengan Polda Jateng

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto bersama Kabid Penindakan dan Penyidikan, Moch. Arif Setijo Nugroho dan tim yang juga hadir dalam acara tersebut secara daring, menyatakan dukungan dan siap menindaklanjuti instruksi Dirjen.

Tri mengungkapkan bahwa pihaknya beserta seluruh jajaran di wilayah Jateng DIY telah dan akan terus meningkatkan sinergi dengan POLRI.

Pada bulan 29 Mei 2020, Tri Wikanto bersama jajaran melakukan kunjungan kerja ke Mapolda Jateng dan disambut langsung oleh Irjen Ahmad Lutfi beserta jajaran. Pada bulan Februari 2020, Kepala Kantor BC Yogyakarta, Hengky Aritonang bersama jajaran Kemenkeu Yogyakarta juga telah melakukan kunjungan kerja ke Mapolda D.I.Yogyakarta.

Wujud nyata sinergi lainnya adalah kunjungan kerja Kabid Penindakan dan Penyidikan, M. Arif Setijo Nugroho dan tim ke Ditpolairud Polda Jateng yang diikuti dengan patroli laut bersama pada bulan Maret 2020. Jajaran Bea Cukai di Semarang juga beberapa kali melakukan penegakan hukum bersama Polda Jateng, diantaranya adalah penggagalan 1 kg lebih penyelundupan shabu-shabu di suatu perusahaan jasa titipan di Semarang bersama Direktorat Narkoba Polda Jateng pada 19 Maret 2020 dan penggagalan penyelundupan ekspor baby lobster bersama Direktorat Kriminal Khusus Polda Jateng di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang pada 6 Maret 2020. Beberapa penindakan di bidang Cukai juga dilaksanakan Bea Cukai Jateng DIY dengan back-up dari Polda Jateng.

Peningkatan sinergi antar aparat penegak hukum diharapkan dapat mengurangi angka kejahatan, khususnya tindak pidana kepabeanan dan cukai.

Kontributor: @adisby

Comment here