Lain-lain

Bea Cukai Jateng DIY Belajar Bareng Tentang Fotografi

Semarang (28/08) – Puncak rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 oleh Bea Cukai Jateng DIY dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan fotografi pada Kamis, 27 Agustus 2020 yang diikuti kurang lebih 270 peserta dari pegawai Bea dan Cukai seluruh Indonesia. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring dengan mengundang seorang fotografer senior Bea Cukai sebagai narasumber yaitu M. Ardani.

Saat ini fotografi sudah menjadi suatu kebutuhan karena bisa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto saat membuka pelatihan. “Foto yang baik akan memberikan suatu makna dan menjadi suatu alat komunikasi yang efektif, tetapi juga foto dapat memberikan banyak interpretasi dari sisi yang melihat”, ujarnya. Ardani yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Aceh menyampaikan bahwa kunci kesuksesan dalam melaksanakan tugas kehumasan khususnya peliputan adalah persiapan. “Kunci kesuksesan suatu peliputan adalah persiapan yang matang, jadi misalkan besok akan ada peliputan pemusnahan rokok, maka saya harus tau apa saja yang perlu saya persiapkan, koordinasi dengan unit lain juga penting untuk mengetahui kegiatan apa yang akan kita liput sehingga kita nanti punya bayangan konsep foto seperti apa yang akan kita ambil”, ujarnya. Mengutip quote “setiap kita adalah Humas Bea Cukai”, Ardani mengingatkan bahwa setiap pegawai Bea Cukai harus bisa menjadi humas bagi institusinya.

Kegiatan pelatihan fotografi ini merupakan rangkaian dari lomba fotografi dengan tema “Merdeka dari Covid-19” yang diadakan oleh Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dalam rangka peringatan HUT RI ke-75. Dengan adanya rangkaian kegiatan mulai dari lomba foto dan pelatihan fotografi ini diharapkan akan menambah pengetahuan dan kompetensi serta memunculkan minat dan bakat pegawai Bea Cukai di bidang fotografi yang nantinya dapat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas sehari-hari.

Comment here