Lain-lain

Koordinasi dan Komunikasi Humas Bea Cukai Se-Indonesia Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Semarang (28/08) – Pada Rabu, 26 Agustus 2020, Bea Cukai Jateng DIY mengikuti workshop kehumasan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Kantor Pusat Bea dan Cukai. Workshop ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh Humas Bea Cukai seluruh Indonesia dalam rangka koordinasi dan komunikasi khususnya strategi kehumasan saat pandemi Covid-19.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Syarif Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan in dilaksanakan guna menjalin koordinasi dan komunikasi khususnya strategi komunikasi dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Deni Surjantoro menyampaikan bahwa pada semester I tahun 2020, komunikasi publik Bea Cukai didominasi oleh pemberitaan tentang Covid-19. “Bagaimana pelayanan Bea Cukai terhadap kelancaran arus barang terkait penanganan Covid-19, Kebijakan fasilitas yang kita berikan kepada pengguna jasa, selain itu juga masih terdapat pemberitaan lain seperti penindakan dan kampaye Gempur Rokok Ilegal”, ujarnya. Deni juga menyampaikan bahwa fokus saat ini adalah Pemulihan Ekonomi Nasional, “kita lakukan komunikasi publik bagaimana Bea Cukai terus berupaya mendorong PEN akibat pandemi Covid-19”, tuturnya. Deni mengingatkan agar selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas kehumasan.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo yang menjadi narasumber pada workshop kehumasan kali ini menyampaikan bahwa saat ini peran teknologi informasi sangat dominan terlebih saat pandemi Covid-19. “Tugas kita sebagai humas salah satunya adalah meluruskan opini yang tidak sesuai dan bersifat tendensius di media sosial”, tuturnya. Perlu adanya komunikasi publik yang efektif dan strategis dalam rangka PEN, agar publik mengetahui bahwa saat ini pemerintah tengah berupaya dalam memulihkan ekonomi nasional akibat dampak dari pandemic Covid-19.

Comment here