Lain-lain

Peduli Keselamatan Karyawannya, Bea Cukai Jateng DIY Adakan Pelatihan Penggunaan APAR

Semarang (03/09) – Guna meningkatkan kompetensi dan keahlian pegawai pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kamis, 03 September 2020 Bea Cukai Jateng DIY mengadakan kegiatan pelatihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang diikuti oleh perwakilan pegawai, Petugas Keamanan Dalam (PKD) dan Cleaning Service (CS) dengan mengundang tim safety K3 dari CV Zenith Elektrika Mekani sebagai narasumber.

Pentingnya untuk waspada terhadap risiko keselamatan kerja utamanya terkait kebakaran, menjadi hal yang sangat penting bagi seluruh penghuni suatu bangunan. Zainal Arifin, Perwakilan tim safety K3 CV Zenith Elektrika Mekani menekankan pentingnya tanggung jawab seluruh penghuni suatu Gedung terhadap K3. “Rasa tanggung jawab keselamatan kerja harus dimiliki oleh seluruh penghuni gedung, karena apabila terjadi suatu kebakaran akan berimbas pada hilangnya pekerjaan karena pasti akan dirumahkan dan akan berdampak pada ekonomi dari masing-masing karyawan itu sendiri, jadi ini tanggung jawab bersama”, jelasnya. Zainal menyebut bahwa kunci dari pemadaman api itu ada 4 diantaranya menghentikan/mengambil bahan bakar, mengurangi/menipiskan kadar oksigen, mendinginkan sampai dibawah temperature titik nyala, dan memutuskan rantai reaksi. Hal ini merujuk kepada faktor penyebab kebakaran. “Faktor elemen terjadinya kebakaran itu ada 3 yaitu fuel (material yang mudah terbakar), oxygen (oksigen/udara), dan heat (sumber panas), jadi salah satu elemen tersebut harus kita minimalkan untuk bisa memadamkan api”, jelasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto menyampaikan bahwa penting bagi kita untuk waspada terhadap segala situasi yang berhubungan dengan K3, salah satunya adalah dengan pelaksanaan pelatihan ini. “Seperti yang kita ketahui bahwa api apabila kecil bisa bermanfaat untuk kita sehari-hari namun bila besar juga menjadi musibah, pun air dan angin juga demikian apabila kecil bisa bermanfaat apabila besar bisa menyebabkan banjir dan angin puting beliung yang menjadi musibah bagi kita, jadi kita harus terus waspada terhadap keselamatan kita”, pesan Tri yang juga mengingatkan untuk selalu mengecek peralatan-peralatan yang berkaitan dengan penanganan keselamatan kerja.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu materi untuk hari pertama dan praktik untuk hari kedua. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan keahlian bagi pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY terkait penggunaan APAR.

Comment here